Sinergi Pentahelix Kabupaten Malang

NEW MALANG POS – Hari ini, 28 November 2020, Kabupaten Malang merayakan hari jadinya yang ke 1260 tahun. Sejumlah ucapan dan harapan disampaikan banyak pihak. Masyarakat tentu ingin Kabupaten Malang terus menjadi lebih baik. Kerjasama dengan berbagai pihak penting terus dilakukan. Sinergi yang melibatkan unsur pemerintah, akademisi, pengusaha, masyarakat, dan media massa atau yang lebih dikenal dengan pentahelix menjadi sangat penting terus dilakukan dan ditingkatkan.

            Di antara Kota Malang dan Kota Batu, Kabupaten Malang memiliki wilayah dan jumlah penduduk yang lebih luas dan banyak. Potensi sumber daya alamnya juga sangat besar. Tentu sejumlah masalah yang harus dihadapai Kabupaten Malang juga sebanding dengan luasnya wilayah dan banyaknya warga. Hal ini menuntut pemerintah Kabupaten Malang terus bersinergi, membangun partisipasi dari berbagai elemen untuk berkolaborasi demi masyarakat Kabupaten Malang yang lebih sejahtera.

            Heterogenitas warga Kabupaten Malang kalau terus dikelola dengan baik tentu juga dapat menjadi kekuatan yang dapat memperkaya dan mendukung tujuan Kabupaten Malang menjadi semakin sejahtera. Kabupaten dengan ikon burung cucak dan keris ini memiliki potensi laut yang indah di sepanjang Malang selatan. Potensi sumber daya alam yang melimpah menjadikan Kabupaten Malang layak menyandang julukan sebagai jantungnya Jawa Timur (The Heart of East Java).

Sinergi Lima Elemen

            Pemerintah Kabupaten Malang tentu tak bisa sendirian mengelola kabupaten ini. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Kabupaten Malang di tahun 2020 sebanyak 2.619.975 jiwa. Kabupaten dengan luas mencapai 3.530,35 kilometer persegi ini menjadi yang terluas kedua di Jawa Timur. Kabupaten Malang memiliki 33 kecamatan, 12 kelurahan dan 378 desa. Luasnya wilayah dan besarnya penduduk melahirkan kompleksitas persoalan di Kabupaten Malang yang butuh kontribusi semua elemen. 

            Dalam teori perubahan, ada istilah pentahelix. Penta berarti lima dan helix bermakna jalinan. Menurut Arif Yahya (2016), pentahelix merupakan jalinan, kolaborasi, dan sinergi dari lima elemen yang terdiri dari pemerintah, akademisi, pengusaha, masyarakat, dan media massa. Pemerintah memiliki kekuatan dalam political power, elemen akademisi sebagai knowledge power, pengusaha dengan economic power, masyarakat sebagai social power, dan media massa menjalankan controlling power.

            Beragam kebijakan politik pemerintahan menjadi pijakan dalam menjalankan pembangunan yang berpihak pada kesejahteraan masyarakat. Elemen pendidikan berperan dalam penyiapan sumber daya manusia yang terampil dan siap membangun daerah. Berbagai inovasi dan teknologi yang dihasilkan dari lembaga pendidikan turut mendukung pertumbuhan ekonomi. Peran para pengusaha juga menjadi tulang punggung penggerak ekonomi.

            Sementara partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan tentu sangat diharapkan. Kontribusi masyarakat dalam ikut memberi sumbangsih lewat berbagai bidang menjadi kekuatan yang besar dalam pembangunan. Media massa yang independen, netral, dan obyektif juga sangat dibutuhkan kehadirannya di dalam mengomunikasikan pesan-pesan pembangunan dan sebagai sarana kontrol terhadap jalannya pemerintahan. Media massa juga penting dalam membangkitkan perhatian, memprovokasi aksi pembangunan, melemahkan penentangan, menunjukkan kekuatan, komitmen dan dukungan.

            Untuk mengoptimalkan potensi wisata pantai di daerah Malang Selatan misalnya, sinergi antar elemen pentahelix bisa terus dilakukan. Kontribusi akademisi dari hasil-hasil kajian dan riset dapat menjadi pijakan kebijakan pemerintah. Beragam inovasi dan temuan teknologi dari lembaga-lembaga pendidikan bisa diaplikasikan. Kontribusi pengusaha, masyarakat dan media massa juga punya andil dalam menggarap potensi wisata Kabupaten Malang yang sangat kaya itu.

Tantangan

            Situasi pandemi Covid-19 yang belum tuntas teratasi saat ini memang menjadi tantangan banyak pihak. Termasuk tantangan Kabupaten Malang dalam menjalankan pemeritahan dan melanjutkan pembangunan. Saat ini tak ada pihak yang tak terdampak dengan wabah Covid-19. Meningkatnya jumlah pengangguran merupakan salah satu kenyataan pahit yang harus dialami warga Kabupaten Malang. Ini tentu bukan perkara mudah, karena urusan pekerjaan berimplikasi langsung pada kelangsungan hidup masyarakat.

            Ketika peluang kerja masih belum mampu diciptakan setara dengan jumlah angkatan kerja, kini harus dihadapkan dengan situasi sulit tumbangnya sejumlah sektor yang semula potensial dapat menyerap tenaga kerja. Untuk itu bermacam upaya kreatif guna mengatasi permasalahan ini menjadi tantangan yang harus dihadapi. Menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif lewat wadah UMKM merupakan upaya yang perlu terus dikembangkan dalam kerangka kebersamaan pentahelix.

            Tantangan Kabupaten Malang juga muncul di sektor pendidikan, kebudayaan, pengelolaan wilayah, dan banyak yang lain. Semua itu merupakan pekerjaan rumah yang seperti tak akan ada habisnya bagi pemerintah Kabupaten Malang. Selama ini kesuksesan memang sudah banyak diraih, tetapi tantangan baru menuntut inovasi dan kerja keras penyelenggara pemerintahan dan elemen pentahelix agar terus mampu bersinergi.

            Sejumlah pekerjaan rumah menanti diselesaikan oleh pemimpin Kabupaten Malang ke depan. Kabupaten Malang butuh pemimpin yang visioner, yang mampu menjawab segala persoalan Kabupaten Malang dengan solusi yang tepat. Kepiawaian menjadi dirigen dalam mengorkestrasi semua elemen pentahelix harus dimiliki pemimpin Kabupaten Malang yang baru. Irama yang merdu dari orkestrasi pentahelix merupakan kunci dalam mendorong keberhasilan pembangunan Kabupaten Malang ke depan agar menjadi lebih baik.

            Ulang tahun Kabupaten Malang tahun ini berbarengan dengan hajatan Pilkada Kabupaten Malang. Ini kesempatan penting bagi warga Kabupaten Malang guna menemukan pemimpin masa depan yang mampu membawa dan membuktikan bahwa Kabupaten Malang layak sebagai The Heart of East Java. Untuk itu partisipasi warga Kabupaten Malang menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember nanti menjadi sangat penting demi kelangsungan pembangunan Kabupaten Malang.

            Selamat Hari Jadi Kabupaten Malang yang ke 1260. Kemajuan Kabupaten Malang hanya dapat diraih melalui kebersamaan dan kekompakkan semua elemen. Masyarakat harus bersatu kalau ingin maju. Kolaborasi pentahelix perlu bersinergi dalam satu gerak. Semoga Kabupaten Malang dapat terus bangkit di tengah pandemi Covid-19 dan terus menorehkan lebih banyak prestasi di tingkat nasional dan internasional serta mampu mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera. (*)