Ibu RT Gondanglegi Masuk Bui, Gelapkan Dua Unit Motor Milik Teman

460
DIAMANKAN: Tersangka Fida Yunia Hadi alias Pipit sesaat setelah diamankan dan barang bukti motor Honda Beat.(NMP-IST)

MALANG, NewMalangPos– Seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Kecamatan Gondanglegi harus berurusan dengan polisi. Fida Yunia Hadi alias Pipit, 35, Selasa (16/3) lalu ditangkap Unit Reskrim Polsek Gondanglegi. Warga Jalan Hayam Wuruk II, Desa Gondanglegi Wetan, Kecamatan Gondanglegi ini, ditahan karena kasus penipuan.

Dia dibekuk petugas di rumahnya. Setelah sebelumnya polisi mendapat laporan dari korban. Sebagai barang buktinya, polisi mengamankan satu unit motor Honda Beat N-3747-EBY.

“Karena di Polsek Gondanglegi tidak ada tahanan khusus perempuan, usai kami periksa tersangka kami titipkan di tahanan Polres Malang,” ucap Kanitreskrim Polsek Gondanglegi Iptu Sigit Hernadi.

Korban penipuan adalah Rinawati, 48, warga Jalan Murcoyo IV, Desa Gondanglegi Wetan, Kecamatan Gondanglegi. Aksi penipuan terjadi akhir Desember 2020 lalu di dalam rumah korban.

Ceritanya antara korban dengan tersangka ini sudah saling kenal. Mereka bahkan sangat akrab. Pada akhir Desember lalu, tersangka mendatangi rumah korban.

Kepada korban, tersangka menginformasikan kalau ada yang berniat menyewa motor milik korban. Sehari biaya sewa sebesar Rp 35 ribu. Karena dari pada tidak terpakai, korban akhirnya tertarik dengan tawaran itu.

Kemudian berbekal kepercayaan serta tidak memiliki rasa curiga apapun, korban menyerahkan motor Honda Beat N-3747-EBY warna merah. Selanjutnya pada tanggal 16 Januari 2021, tersangka datang lagi ke rumah korban.

Kali ini kedatangannya untuk meminjam motor pada korban. Alasannya akan digunakan ke rumah saudaranya di Surabaya selama lima hari. Akhirnya korban menyerahkan motor Honda Vario N-6294-EEF.

Namun setelah lima hari, ternyata motor tidak kembalikan. Ketika dihubungi beralasan sedang perjalanan. Tetapi faktanya sampai akhirnya dilaporkan pada 17 Februari dua motor korban tidak dikembalikan.

Lantaran merasa telah tertipu, korban akhirnya melapor ke Polsek Gondanglegi. Berdasarkan laporan itulah, polisi akhirnya memburu tersangka dan berhasil menangkapnya.

“Pengakuannya motor korban digadaikan. Alasannya mengatakan sedang kepepet butuh uang,” ujarnya.(agp)