Horeee… Pasar Rakyat Boleh Buka

Foto: Suasana Pasar Minggu, Senin (26/7/2021). (Foto: Wilda/detikcom)

Jakarta,NewMalangPos – Setelah perpanjangan PPKM Level 4, pemerintah memperbolehkan pasar rakyat buka. Para pedagang di Pasar Minggu, Jakarta Selatan pun mulai menggelar lapak dagangannya.

Di Pasar Minggu, Senin (26/7/2021), pukul 08.40 WIB, sejumlah pedagang sudah mulai menggelar lapak. Para pedagang menjual beraneka ragam dagangan mulai pakaian, barang elektronik, tas-tas hingga emas.

Tak hanya itu, ada pula pedagang sayuran dan buah-buahan yang menjajarkan dagangannya sedari pintu masuk pasar.
Nampak pedagang lainnya ada yang masih bersiap memasang gerai dagangan. Para pedagang sudah patuh memakai masker namun ada pula yang mengenakannya hanya sampai di dagu.

Baca Juga :  Wajah Diinjak Pemain, Wasit Sepak Bola di Bekasi Lapor Polisi

Terlihat ada petugas dari TNI berjaga di pos PPKM di sekitar pasar. Petugas nampak mengamati situasi di area pasar.
Tidak ada antrean pembeli di pasar di Pasar Minggu. Situasi di pasar terlihat lengang pagi ini.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan detail aturan perpanjangan PPKM level 4. Pasar rakyat boleh buka asal tidak ada kerumunan. Usaha kecil juga boleh buka dengan protokol kesehatan ketat.

“Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasanya. Dengan protokol kesehatan yang ketat dan pasar rakyat yang menjual kebutuhan selain sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimum 50 persen sampai pukul dengan 3 sore di mana pengaturan lebih lanjut diatur oleh Pemda,” kata Luhut dalam siaran pers virtualnya, Minggu (25/7) seperti dilansir Detikcom.

Baca Juga :  Gelar Salat Gaib dan Doa Bersama, Keluarga Besar Lapas Kelas I Malang Berduka

Sejumlah ucaha kecil, dari toko kelontong hingga pangkas rambut juga diizinkan dibuka. Usaha kecil boleh buka hingga pukul 21.00 WIB.

“Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen, outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedangang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan usaha kecil lain sejenis. Diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 21.00 WIB yang pengaturan teknisnya diatur oleh Pemda,” ungkapnya. (whn/mae/dtk/ley/nmp)

Pilihan Pembaca