Hindari Kebiasaan Sepele Ini yang Bisa Bikin Diet Anda Gagal

Ilustrasi. Supaya tidak sia-sia, hindari beberapa kebiasaan yang membuat diet gagal. (iStockphoto/halfbottle/CNN Indonesia)

Jakarta, NewMalangPos – Menjalani diet memang perlu konsistensi agar hasilnya baik dan proses menurunkan berat badan pun menjadi maksimal.

Namun, tak menutup kemungkinan berbagai kendala terjadi hingga diet rasanya kurang berhasil.
Supaya tidak sia-sia, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan yang membuat gagal diet seperti berikut, mengutip berbagai sumber.

  1. Lupa sarapan
    Lupa sarapan jadi salah satu penyebab diet gagal. Meski hanya punya sedikit waktu, Anda tetap harus menyempatkan sarapan, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (12/10).

Terlebih, ketika sedang menjalani diet, sarapan akan sangat membantu menekan rasa lapar sehingga porsi makan siang tidak berlebihan.

  1. Tidak mengunyah makan
    Memang terkesan sepele, tapi para ahli sangat menyarankan untuk mengunyah makanan selama 30 kali sampai benar-benar lumat sebelum masuk ke saluran cerna.

Makanan yang dikunyah sempurna berguna untuk meningkatkan proses pembakaran dalam tubuh serta menghindari terjadinya gangguan pencernaan.

  1. Kurang minum
    Kebiasaan yang membuat gagal diet berikutnya yaitu kurang minum air putih. Perlu Anda tahu bahwa asupan air yang cukup dapat membantu penyerapan lemak dalam tubuh.
Baca Juga :  Kolaborasi Menu Seafood, Penjualan Kopi Hashtag Meningkat

Bagi yang sedang menjalankan program diet, sangat dianjurkan minum sebelum makan untuk ‘mengelabui’ perut sehingga cepat kenyang dan terhindar dari keinginan makan berlebih.

  1. Memangkas jadwal makan
    Menjalani diet bukan berarti Anda harus memangkas jadwal makan jadi ekstrem. Misalnya, yang semula tiga kali sehari, menjadi satu kali sehari.

Selama diet, Anda tetap harus makan dengan jadwal normal, bisa tiga atau dua kali sehari. Tapi, sebaiknya kurangi porsi makan Anda.

  1. Target tidak realistis
    Ada banyak faktor yang menentukan keberhasilan diet. Target yang tidak realistis juga kerap jadi penyebab diet gagal.

Ingat kembali alasan melakukan diet. Hal ini penting supaya Anda lebih konsisten untuk mencapai tujuan yang diinginkan sebelumnya.

Baca Juga :  Waktu Terbaik Lihat Puncak Hujan Meteor Orinoid Hari Ini

Terkadang, memiliki target atau tujuan tidak realistis memicu Anda jadi mudah bermalas-malasan untuk diet.

  1. Konsumsi kalori kosong
    Salah satu penyebab gagal diet yaitu adanya kebiasaan mengonsumsi ‘kalori kosong’ atau makanan tinggi kalori seperti jus buah instan, kecap, saus salad, atau susu.

Kalori tersembunyi itu rata-rata berupa gula, garam, serta fruktosa tambahan yang berkontribusi pada peningkatan berat badan dan menyebabkan kelebihan natrium.

  1. Malas olahraga
    Diet akan memberikan hasil jika kombinasi antara mengatur pola makan dan aktivitas fisik berjalan beriringan. Malas berolahraga jadi salah satu kebiasaan sehari-hari yang bikin diet gagal.

Bukan soal menjaga makanan, tapi olahraga juga sebaiknya tidak diabaikan. Pasalnya, olahraga justru lebih banyak berkontribusi dalam membakar lemak tubuh.

Apabila Anda merasa berat jika harus berolahraga, maka Anda bisa mulai dari olahraga ringan atau memperbanyak aktivitas fisik dalam kegiatan sehari-hari supaya tubuh tetap aktif bergerak.

  1. Hobi jajan
    Kebiasaan ‘jajan’ mungkin sulit dihindari oleh sebagian orang. Terutama, ketika sedang menjalani diet, di mana biasanya jajan menjadi godaan terberat.
Baca Juga :  Hari Tanpa Bra Sedunia: 5 Manfaat Tak Pakai Bra

Anda masih boleh jajan meski sedang diet. Tapi, pastikan makanan yang dibeli memiliki komposisi yang baik untuk mendukung diet, sehat, dan bersih.

  1. Stres berlebih
    Mengelola stres dengan cerdas juga sangat penting, baik itu ketika diet atau tidak. Pasalnya, stres sangat memengaruhi suasana hati serta pikiran.

Merujuk WebMD, stres bisa memicu peningkatan berat badan karena peningkatan hormon kortisol yang memicu hasrat lapar berlebih.

  1. Tidak mendapat dukungan
    Selain kesiapan diri, dukungan orang terdekat juga ternyata berperan baik untuk keberhasilan diet.

Membiarkan lingkungan tidak mendukung menjadi salah satu kebiasaan yang membuat diet gagal.

(avd/asr/cnni/mg7/mg2/mar/nmp)

artikel Pilihan