Heboh Kawasan Hutan Amazon Dijual di Facebook Marketplace

4
foto: bbc.com

NewMalangPos-Sebuah Kawasan lindung di Hutan Amazon, Brazil dilaporkan dijual secara illegal di platform Facebook. Beberapa area yang terdaftar melalui layanan iklan baris di Facebook diperkirakan seluas 1.000 lapangan sepak bola.

Menanggapi hal ini, Facebook mengatakan bahwa pihaknya “siap untuk bekerja dengan otoritas lokal”, tetapi mengindikasikan tidak akan mengambil tindakan independen sendiri untuk menghentikan perdagangan ilegal ini. “Kebijakan perdagangan di platform kami mengharuskan pembeli dan penjual untuk mematuhi regulasi hukum dan peraturan,” tambah perusahaan teknologi asal California itu.

Pemimpin salah satu komunitas LSM yang daerahnya terkena dampak terhadap isu ini telah mendesak perusahaan teknologi milik Mark Zukerberg tersebut untuk berbuat lebih banyak. Juru kampanye kegiatan ini juga telah mengklaim bahwa pemerintah negara Brazil tidak mau menghentikan penjualan ilegal ini

“Penjajah tanah merasa sangat diberdayakan sampai-sampai mereka tidak malu menggunakan Facebook untuk membuat kesepakatan tanah ilegal,” kata Ivaneide Bandeira, kepala LSM lingkungan Kanindé.

Diantara beberapa Kawasan hutan Amazon yang dijual di Facebook Marketplace itu dijual dengan menampilkan foto citra satelit dan titik koordinat GPS lokasinya. Tentunya, kawasan di hutan Amazon ini tidak memiliki sertifikat ataupun dokumen yang sah dibawah hukum negara Brazil untuk hak atas tanah.

Kawasan hutan Amazon yang dijual ini dapat dicari oleh pengguna Facebook Marketplace dengan memasukkan kata kunci pencarian seperti “hutan”, “hutan asli”, dan “kayu”. (bbc/mg3/nda/nmp)