Heboh Karyawan Perusahaan Internet Raksasa Protes Kerja 20 Jam Sehari, Dinilai Tidak Manusiawi Memilih Resign

Ilustrasi Heboh Karyawan Raksasa Teknologi Protes Kerja 20 Jam Sehari. (Foto: Gettyimages/detikcom)

NewMalangPos – Dituntut kerja 20 jam dalam satu hari, salah satu karyawan Tencent protes. Menurutnya jam kerja tersebut tidak manusiawi.

Protes yang dilakukan salah seorang karyawan bernama Zhang tersebut pun beredar di dunia maya. Diketahui ia berani mengkritik sistem kerja di sebuah grup chat yang berisi 600 anggota.

Dalam chat tersebut diketahui Tencent yang merupakan raksasa internet Cina mempekerjakan karyawan khususnya di bagian developer selama 20 jam dalam satu hari selama enam hari kerja. Zhang juga menampilkan laporan manajemen Tencent ketika memuji karyawan yang berhasil menyelesaikan 200 tugas dalam satu minggu dan meluncurkan produk setelah bekerja 20 jam.

Baca Juga :  Model Indonesia di AS, Dylan Sada Meninggal Dunia

Menurut Zhang, Tencent hanya melihat pekerjaan dan mengabaikan kesehatan fisik maupun mental para karyawannya. Bahkan perusahaan itu berharap karyawan lembur di luar jam kerja.

“Jika jadwal proyek dimundurkan sehari, apakah WeChat akan bangkrut? Jika peluncuran websitw resmi tertunda sehari, apa user akan langsung pindah ke pesaing?,” ujarnya dikutip dari detikcom, Minggu (30/1).

Lebih lanjut, Zhang juga mempertanyakan apakah Tencent pernah mempertimbangkan hidup dan mati karyawan ketika memberikan tugas.

“Apakah bonus ribuan yuan sesuai dengan lembur intensitas tinggi lebih dari 20 jam lagi dan lagi?,” papar Zhang yang memilih resign dari Tencent ini.

Baca Juga :  Konflik Ethiopia Meluas, Hujan Roket Hantam Negara Tetangga

Cuitan Zhang yang telah disiarkan sebanyak 370 juta kali itu pun di dengar manajemen Tencent. Head of Wecom, Huang Tieming, menyampaikan, menang benar bekerja di Tencent intensiasnya terlalu tinggi dan mungkin tak bagus untuk jangka panjang. Untuk itu pihaknya akan melakukan penyesuaian dan evaluasi.

Perlu diketahui bahwa perusahaan teknologi Cina dikenal dengan sistem kerja di atas rata-rata. Bahkan familiar disebut 996 yakni kerja jam 9 pagi sampai jam 9 malam selama enam hari dalam satu minggu. (fyk/agt/dtc/mg8/lin/nmp)

artikel Pilihan