Harapan Datang Lagi, 6 Juta Bulk Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia

4
Ilustrasi kedatangan vaksin Covid-19. (Foto: Lukas - Biro Setpres)

Jakarta, NewMalangPos – Jutaan dosis bahan vaksin Sinovac tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Yang datang merupakan bahan vaksin atau bulk yang mesti diolah kembali melalui fasilitas Biofarma.

Indonesia kembali menerima 6 juta bulk (bahan baku) vaksin virus corona (SARS-CoV-2) produksi perusahaan asal China, Sinovac.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan jumlah tersebut merupakan bagian dari pengiriman 140 juta bulk Sinovac yang akan diterima Indonesia tahun ini.

“Dalam satu bulan ke depan kita bisa menerima tambahan sekitar 20 jutaan dosis lagi hasil produksi Biofarma asal kedatangan bulk vaksin ini,” kata Budi melalui konferensi pers yang ditayangkan di YouTube, Minggu (18/4).

Kiriman tersebut ini merupakan kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-delapan di Tanah Air.
Sebelumnya pada Maret lalu sebanyak 16 juta bahan baku (bulk) vaksin virus corona dari perusahaan asal China, Sinovac, tiba di Indonesia, Kamis (25/3) siang. Kedatangan vaksin kali ini tercatat sebagai penerimaan vaksin tahap ketujuh.

Melansir CNN Indonesia, Minggu (18/4), dengan kedatangan vaksin mentah itu, untuk saat ini total vaksin buatan perusahaan China yang diterima PT Bio Farma (persero) hingga akhir Maret mencapai 52 juta dosis hingga pengiriman tahap ketujuh.
Belasan juta dosis vaksin itu dibawa dalam fasilitas pendingin dan diterbangkan dari China ke Indonesia dengan menggunakan pesawat Garuda. Vaksin tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten tepat pukul 12.00 WIB. 16 juta vaksin bulk dalam tiga mobil truk dibawa ke kantor Bio Farma di Bandung untuk proses lebih lanjut.

Prosedur serupa juga dilakukan pada pengiriman dan kedatangan vaksin Covid-19 tahap kedelapan. (isa/NMA/cnni/mg2/ley/nmp)