Gunakan Live Streaming Device, Dakwah Makin Mudah

Pengabdian Dosen Jurusan Teknik Elektro FT UM di Takmir Masjid Asy-Syahriyah

NEW MALANG POS, MALANG- Masjid Asy-Syahriyah Tlogomas yang berada di Jalan Pluto RT 03/RW 04, Kelurahan Tlogomas Kota Malang, kini telah memiliki sarana Live Streaming Device. Kegiatan majelis taklim dan kegiatan Islami lainnya di masjid ini sudah bisa disyiarkan lewat jaringan internet. Sehingga bisa dinikmati jamaah secara daring dan bisa ditonton lebih dari sekali.

Sarana ini merupakan persembahan dari tim dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (UM). Mengingat kondisi pandemi Covid-19 tidak banyak jamaah yang beribadah di masjid. Apalagi menyempatkan diri berkumpul di majelis taklim.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T mengatakan, dengan kondisi tersebut timnya sebagai civitas akademika merasa terpanggil untuk berbuat sesuatu. Terlebih sebagai dosen punya kewajiban untuk menunaikan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Oleh karena itu, dengan  bidang keilmuan yang dimiliki, tim dosen memberikan pelatihan bagi takmir dan sekaligus memberikan sarananya kepada masjid.

Baca Juga :  Advokasi Biogas Berdayakan Potensi Limbah

“Kami selaku civitas akademika punya kompetensi keilmuan yang harus diamalkan untuk masyarakat. Sebagai wujud dari salah satu pelaksanaan tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat,” katanya.

Tim dosen UM ini menguasai Bidang Keahlian Komputer Jaringan dan Multimedia. Berdasarkan kompetensinya tersebut mereka memberikan bekal dan pelatihan kepada takmir tentang Live Streaming Device ke Media Sosial.

Pelatihan lebih kepada cara merekam kegiatan dakwah di masjid. Selanjutnya dilakukan proses Live Streaming device di media sosial seperti YouTube.

Streaming device sendiri, dijelaskan Hary adalah suatu proses pengiriman data secara terus menerus melalui internet dalam bentuk video streaming. Sedangkan video streaming merupakan proses pengiriman file audio video secara langsung ke clien dari server dengan tujuan untuk memberikan akses secara langsung, kapanpun dan dimanapun tanpa melalui proses unduh. “Penayangannya tidak harus live. Rekaman kita bisa asinkron,” ujarnya.

Baca Juga :  Tim Pengabdian Masyarakat Matematika UM, Kembangkan Sistem Informasi Pertanian Bendosewu

Tim pengabdian dosen juga telah melengkapi Masjid Asy-Syahriyah dengan sarana jaringan. Diantanya camcorder, splitter dan wifi modem.

Sejauh ini sudah dua kali dilakukan pelatihan. Pertama secara teori dan kedua lebih pada praktik yang implementatif.

“Sebelumnya kami sudah melakukan pelatihan. Ini yang kedua kalinya, langsung pada cara merekam dan mengimplementasikan proses live streaming device ke medsos,” terang Hary.

Dengan adanya sarana ini proses dakwah menjadi semakin maksimal. Dapat sampai tidak hanya kepada kalangan Jemaah Masjid Asy-Syahriyah tetapi juga masyarakat umum yang menikmati.

Terlebih dalam delapan bulan terkahir ini, masyarakat banyak melakukan ibadah di rumah karena pandemi covid. Sehingga juga jarang menghadiri majlis taklim.

Seperti pada peringatan Maulid Nabi beberapa waktu lalu. Tidak semua jamaah Masjid Asy-Syahriyah hadir. Sehingga perlu difasilitasi dengan jaringan agar jamaah yang tidak hadir juga mendapat hikmah dari kegiatan keagamaan tersebut. “Maka kami buat rekaman dengan kegiatan asinkron. Yang kami upload ke YouTube sehingga online dan offlinenya bisa dinikmati. Itu tujuan kami,” tutur Hary.

Baca Juga :  Safari Literasi untuk Negeri MAN Kota Batu, Bimbing Siswa-Siswi Terbitkan Antologi

Ada tiga dosen yang tergabung dalam tim pengabdian ini. Yakni  Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T. sebagai ketua tim. Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. dan Achmad Hamdan, S.Pd., M.Pd selaku anggota.

Tim ini juga dibantu dua mahasiswa Fakultas Teknik. Yakni Agnest Irda Hanifatin Nur Auliya dan Khafit Badrus Zaman. Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ini tidak lain sebagai tambahan ilmu dan pengalaman langsung bagi mereka. Selain mendapat ilmu secara teori dan praktik di kampus, mahasiswa juga mendapat pengalaman pengabdian kepada masyarakat bersama dosen.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat menghasilkan luaran berupa sebuah produk sistem live streaming device berbasis internet. Yang dapat memberikan layanan kegiatan dakwah atau ceramah agama yang optimal kepada masyarakat umum. (imm/adv/jon)

artikel Pilihan