Gubernur Khofifah: Bisa Jadi Contoh Kemajuan Daerah Lain

KUALITAS UNGGULAN: Gubernur Khofifah melakukan panen klengkeng yang ditanam sistem tumpang sari dengan buah lainnya di Tuban. (NMP-HARY SANTOSO)

Panen Klengkeng Sistem Tripple Cropping

NewMalangPos, TUBAN – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan panen klengkeng di Kebun Klengkeng milik Kelompok Tani Ngudi Tirto Makmur di Desa Sugihan, Kecamatan Merakurak, Kab. Tuban, Selasa (1/2) siang.

Usai melakukan panen, Gubernur Khofifah memuji sistem pertanian tumpang sari (tripple cropping) di kebun klengkeng tersebut. Satu bentuk pertanaman campuran berupa pelibatan dua jenis atau lebih tanaman di satu areal lahan tanam di waktu bersamaan.

“Potensi tumpang sari antara klengkeng, cabai dan madu ini sangat luar biasa. Ini jadi daya tarik agrowisata pedesaan yang sangat edukatif dan pastinya ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar terutama para petani,” ungkap Khofifah.

Baca Juga :  Kesehatan dan Hak Asasi Manusia

“Profit dari sistem tumpangsari di sini baik klengkeng, cabai dan madu bisa jadi referensi daerah lain. Bagaimana peningkatan kesejahteraan masyarakat berbasis desa ini juga bisa dirintis sebagai desa wisata berbasis agro,” imbuhnya.

Khofifah menuturkan, varietas kelengkeng yang ditanam di Desa Sugihan ini adalah jenis kateki. Dan ini merupakan salah satu varietas klengkeng terbaik dan pasarnya sangat besar.

“Ditambah di sini telah memakai net atau jaring yang menutupi area atas kebun. Jadi tidak perlu dibrongsong lagi di setiap pohon. Dan ini menjadi lebih efisien lagi. Serta menghemat tenaga dan waktu sekaligus melindungi dari hama kelelawar atau burung,” jelasnya. (has)

artikel Pilihan