Gotong Royong Percepat Herd Immunity

KOLABORASI: Kapolresta Makota AKBP Budi Hermanto bersama Rektor IBU Nurcholis Sunuyeko didampingi pengurus PWI Malang Raya dalam pelaksanaan vaksinasi di Kampus C IBU

NEW MALANG POS, MALANG – Kolaborasi Polresta Malang Kota (Makota) bersama PWI Malang Raya dan IKIP Budi Utomo (IBU) Malang menggencarkan serbuan vaksinasi. Selasa (12/10), bertempat di kampus C IBU menggelar vaksinasi seribu dosis untuk mahasiswa, pelajar dan masyarakat.

Kapolresta Makota AKBP Budi Hermanto menjelaskan, pihaknya siap menyediakan lebih dari 1.000 dosis vaksin jika kurang. Ia berharap bisa segera mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) di kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Harapnnya kami bisa meningkatkan capaian vaksinasi yang sebelumnya sudah berada di angka 87,62 persen untuk dosis pertama bisa sampai ke angka 90 persen. Dan 57,57 persen untuk dosis dua juga bisa bertambah,” kata AKBP Budi Hermanto kepada New Malang Pos.

Baca Juga :  Jangan Lengah, Kasus Covid-19 Kembali Meningkat

Pria yang akrab disapa Buher menyampaikan, apabila terdapat NIK ganda bagi yang akan vaksinasi, bisa melaporkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) untuk konfirmasi. Pihaknya memastikan apabila terdapat NIK ganda, masyarakat tetap akan diberikan dosis vaksin dan diberikan surat keterangan.

“Untuk surat ini masih akan kami bahas dan ajukan bagaimana format dan prosedurnya. Ini nanti akan kami berikan sebagai ganti sementara sertifikat vaksin sampai masalah NIK peserta tersebut tuntas,” ujarnya.

Rektor IBU Nurcholis Sunuyeko sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang nendukung terselenggaranya vaksinasi di kampusnya. Menurutnya di lingkungan IBU sudah hampir 100 persen untuk dosis pertama.
“Sementara ini kami sudah mulai melaksanakan perkuliahan secara luring, untuk jumlahnya sekitar 25 persen. Syaratnya adalah yang sudah mendapatkan dosis kedua,” tuturnya.

Baca Juga :  Jemput Bola, PDDI Target 500 Pendonor Darah

Untuk vaksinasi pada Selasa (12/10), dari 1.000 dosis yang disediakan 800 diantaranya diperuntukkan kepada mahasiswa IBU. Sisanya untuk masyarakat di sekitat kampus.

“Dengan agenda vaksinasi ini, menurut perhitungan kami sudah mencapai angka 100 persen. Kami berharap bisa segera menggelar perkuliahan secara luring, untuk memenuhi hak-hak belajar mahasiswa. Akan tetapi syaratnya pada 9 November nanti sebagian besarnya sudah menerima vaksin dosis kedua,” jelasnya.

Ketua PWI Malang Raya Ir Cahyono menyampaikan hal yang sama, wujud kepedulian organisasi profesi ini untuk berperan aktif membantu terbentuknya herd immunity. Selain itu, diharapkan dapat mengasah kepekaan sosial, apalagi di tengah situasi pandemic untuk mengajak seluruh masyarakat melakukan vaksinasi.

Baca Juga :  Dicari Dewan Pendidikan Kota Malang Visioner/

“Berbagai ikhtiar yang dilakukan pemerintah untuk melewati situasi sulit ini, sudah semestinya diikuti oleh seluruh elemen masyarakat. Semua dilakukan dengan semangat gotong royong,” tandasnya. (rex/aim)

artikel Pilihan