Gempa Magnitudo 8,1 Guncang Alaska, Picu Peringatan Tsunami

ilustrasi (net)

NewMalangPos – Gempa bumi bermagnitudo 8,1 melanda Semenanjung Alaska, Amerika Serikat, Kamis (29/7/2021) pukul 06.15 UTC atau siang WIB, hingga memicu peringatan tsunami.

Badan Survei Geologi AS (UAGS) menyebutkan titik pusat gempa berada di 105 kilometer sebelah tenggara Perryville, Alaska, dengan kedalaman 12,4 km.

Pusat Peringatan Tsunami AS mengeluarkan ancaman tsunami, namun data yang dikeluarkan di situs tsunami.gov menyebutkan kekuatan gempa 8,1. Potensi gelombang tinggi bisa terjadi di Guam dan Hawaii atau kawasan pantai yang jauh dari titik gempa.

Baca Juga :  Peringati Satu Dekade Tsunami Mematikan, Jepang Heningkan Cipta Nasional

Melansir dari CNN, Pusat Peringatan Tsunami Nasional (NTWC) mengeluarkan peringatan untuk bagian selatan Semenanjung Alaska dan wilayah pesisir Pasifik dari Hinchinbrook Entrance hingga Unimak Pass.

Gempa di Semenanjung Alaska, Amerika Serikat, juga menimbulkan ancaman bagi Selandia Baru.
Badan Penanggulangan Darurat Nasional Selandia Baru sedang menilai adanya ancaman tsunami di Selandia Baru menyusul gempa di Alaska.

“Kami terus menilai apakah gempa Alaska telah menciptakan tsunami yang dapat mempengaruhi Selandia Baru. Kami akan memberikan pembaruan segera setelah penilaian awal ini selesai,” kata badan itu di akun Twitter resminya, Kamis (29/7).

Baca Juga :  Pesawat United Airlines Rusak Mesin, Puing Jatuh Berserakan

Para ahli juga masih mempertimbangkan akan potensi bencana itu. Pihak Berwenang Selandia Baru sedang menilai apakah gempa bumi, yang tercatat pada pukul 18.16 (NZT), telah menciptakan tsunami dan dapat mempengaruhi sebagian.

Baca Juga :  Dideportasi, Kristen Gray Telah Diterbangkan dari Soetta ke AS

“Jika tsunami terjadi di lokasi ini, kemungkinan tidak akan tiba di Selandia Baru setidaknya selama 12 jam,” kata pernyataan dari Pertahanan Sipil, mengutip RNZ.

Gempa itu terletak di sekitar 91 kilometer timur tenggara Perryville, Alaska, pada kedalaman 46,7 km.
Informasi lebih lanjut akan dikirim segera setelah penilaian awal selesai, katanya.

Peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk wilayah Pasifik AS di Guam dan Kepulauan Mariana Utara, sementara Pusat Peringatan Pasifik juga menilai risiko bencana itu ke negara-negara Pasifik lainnya.
Setidaknya telah terjadi dua gempa susulan yang kuat, masing-masing magnitudo 6,2 dan 5,6. (isa/dea/cnn/nmp)

Pilihan Pembaca