Gelar Dua Lomba Desain Busana dan Masker Malangan

5
festival batik
Ketua Dekranasda Kota Malang Widayati Sutiaji bersama seluruh pengurus dan ibui-ibu Forkopimda juga tampil di atas panggung untuk tampil dengan batik Malangan

MALANG, NewMalangPos – Memasuki tahun ketiga, Malang Batik Festival mendapat antusiasme lebih besar dari warga Kota Malang. Malang Batik Festival tahun 2021 ini menggelar dua kategori lomba yang meningkatkan kreativitas dan inovasi pelaku kreatif Kota Malang.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang M Sailendra menjelaskan, total peserta lomba desain busana modest wear batik Malangan sebanyak 166 desainer asal Kota Malang.

“Dari 166 peserta terpilih kemudian dipilih menjadi 24 finalis setelah melalui tahap pemilihan, presentasi dan pendampingan produksi,” kata Sailendra.

Untuk partisipasi pada lomba desain masker Malangan  diikuti oleh 60 peserta. Yang terplih sebagai finalis ada sebanyak 25 desain. Ini menunjukan antusiasme besar dari warga Kota Malang. Hal ini dapat menunjukan warga Kota Malang dan pelaku industri kreatifnya mau berkompetisi dan terus berinovasi serta mengeksplor bakat dan kemampuan masing-masing.

“Peserta pameran produk diikuti oleh 60 IKM (Industri Kreatif Menengah). Mereka diberi pelatihan dan workshop mengenai aksesoris dan pemasaran produk,” terangnya.

Malang Batik Festival 2021 kemarin dimeriahkan dengan penampilan modelling busana yang dilombakan dalam lomba desain modest wear batik Malangan. Seluruh peserta menampilkan karya busananya masing-masing.

Tim juri menentukan 3 besarnya. Tim Juri terdiri dari 3 pelaku fashion Kota Malang, Agus Sunandar Ketua Indonesian Fashion Chamber (IFC) Chapter Malang, juri kedua Nurul Hidayati desainer Kota Malang, dan terakhir Founder Quinna Fashion School Hermina Andreyani.

Keluar sebagai juara I desain busana Malangan milik Dynis Nova, juara II diraih busana karya Nailil Fahmiyah dan juara III diraih oleh Bunga Maharani. Juara I mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 3,5 Juta. Juara II mendapat hadiah Rp 2 juta dan juara III mendapat hadiah uang sebesar Rp 1,5 juta. (ica/aim)