Printer Format Besar, Epson Kuasai Pasar

NewMalangPos, MALANG – PT Epson Indonesia terus menguatkan komitmennya dalam menyasar segmen bisnis melalui inovasi produk yang belum lama ini diluncurkan. Di antaranya, dua printer format besar untuk mendukung bisnis dalam bidang tekstil dan percetakan reklame. Dua produk tersebut adalah SureColor SC-R5030L 64 inci dan SureColor SC-F10030 76 inci.

Printer SC-R5030L dikembangkan untuk memberikan kinerja cetak andal dan memiliki konsistensi warna, sehingga cocok untuk pencetakan signage dengan berbagai macam media seperti vinil, spanduk, tekstil, kanvas, wallpaper dan film. Printer berukuran 64 inci ini diklaim dapat memberikan produktivitas lebih tinggi karena lebih cepat kering dan gores sehingga pengguna bisa melanjutkan proses selanjutnya.

Epson’s Precision Dot Technology yang disematkan membuat kualitas gambar jauh lebih baik bahkan dapat meminimalkan hasil bintik dan garis. “Dengan printer signage 64 inci baru dan tinta resin berbasis air UltraChrome, pengguna bisa mendapatkan aplikasi yang lebih luas untuk tampilan di lingkungan ritel, pencetakan dan pemotongan grafis. Serta aplikasi bernilai tinggi seperti wallpaper, soft signage dan dekorasi,” ujar Commercial & Industrial Business Senior Manager Epson Indonesia, Lina Mariani.

Printer signage 64 inci Epson yang baru merupakan evolusi dari teknologi cetak terpercaya dengan memberikan fungsi yang disempurnakan untuk meningkatkan efisiensi bisnis. Pengguna dapat mengganti sendiri suku cadang tertentu seperti printhead sehingga pengoperasian menjadi lebih efisien.

SC-R5030L juga dilengkapi dengan Bulk Ink Supply System dengan kapasitas hingga dua kantong 1,5 liter tinta resin berbasis air per warna. Jika satu kantong tinta digunakan selama pencetakan habis, secara otomatis akan beralih dan mengaktifkan kantong cadangan untuk melanjutkan pekerjaan cetak.

Printer format besar lainnya yang baru diluncurkan Epson Indonesia yakni SureColor SC-F10030. Printer ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan dalam bidang industri tekstil dan mode. Para desainer dapat mencetak hasil karyanya dengan kualitas cetak tinggi dalam waktu cepat.

“Di masa pandemi, Epson memahami betapa sulit dan menantangnya untuk memastikan pekerjaan pencetakan selesai tepat waktu tanpa kerumitan dan jeda lama. Kami memahami kebutuhan pelanggan dengan mengembangkan printer tekstil berukuran 76 inci. Jeda waktu lebih sedikit sehingga mengurangi kemungkinan kerugian bisnis,” kata Lina.

Printer tekstil sublimasi ini adalah pertama di tipe printer format besar tekstil Epson dengan empat printhead PrecisionCore Micro TFP baru, yang memiliki kecepatan cetak maksimum 255-meter persegi per jam. SC-F10030 menghasilkan cetakan kualitas tertinggi dan dapat dihasilkan dalam proses high-speed printing.

Printer tekstil ini dilengkapi teknologi titik presisi Epson terdiri dari Micro Weave, Lookup Table (LUT) dan Halftone. Fitur Micro Weave adalah mode pencetakan khusus untuk mengurangi resiko bergaris pada hasil cetak. Contoh seperti pada penggunaan kaos olahraga sepak bola yang banyak memakai warna solid dengan adanya fitur Micro Weave bisa mengurangi resiko garis-garis pada pola desain di hasil cetak.

Fitur LUT akan menghasilkan kombinasi warna pada desain sesuai yang diinginkan. Sedangkan fitur Halftone baru atau yang disebut juga dengan Multi-layer Halftone mampu menghasilkan cetakan dengan detail dan jelas sehingga gradasi warnanya lebih halus.

“Printer SureColor SC-F10030 juga dilengkapi dengan fitur Auto Adjustment yang mendukung kualitas cetak agar lebih stabil berdasarkan pola cetak desain. Sehingga mengurangi kebutuhan penyesuaian secara manual. Fitur ini didukung dengan kamera RGB pada print-head yang dapat membaca pola cetak secara otomatis,” pungkasnya.

Dari segi keandalan, SC-F10030 memungkinkan perbaikan secara mandiri. Seperti pengguna dapat dengan mudah mengganti suku cadang print-head dan anti drying-cap dengan lebih mudah. Didukung sistem pasokan tinta massal yang menawarkan 10 liter kartrid tinta dan fungsi Hot-Swap. Alhasil, ketika satu kartrid tinta habis saat pencetakan, printer akan secara otomatis menggunakan katrid tinta lainnya dan proses pencetakan tetap berjalan.

Selain dua printer format besar, Epson Indonesia juga mendukung dunia bisnis dengan produk Epson Business Inkjet Printers seperti Epson EcoTank L15160, Epson Workforce Enterprise WF-C17590, WF-C20590, hingga WF-C20600. Produk Epson yang mendukung dunia bisnis lainnya projectors, robots, smart glasses, scanners, point of sale dan label printers. (lin/ley)