Manfaat Mangga Muda, Dongkrak Imunitas hingga Kesehatan Hati

new malang pos
Ilustrasi: Sekalipun rasanya masam, manfaat mangga muda tak bisa dikesampingkan, mulai dari meningkatkan kekebalan hingga jaga kesehatan jantung. (Foto: iStockphoto/Supersmario)

NEW MALANG POS – Mangga merupakan salah satu buah yang digemari semua kelompok usia. Tapi yang masih mentah atau mangga muda, jarang ada yang suka karena rasanya yang masam. Padahal di balik itu, ada pelbagai manfaat mangga muda bagi kesehatan.

Biasanya, mangga muda lebih sering dicari ketika perempuan hamil. Saat masa-masa ngidam, sebagian calon ibu menginginkan hal-hal tertentu termasuk misalnya, makan mangga muda.

Tapi ternyata menurut studi, mangga yang masih muda menghasilkan vitamin C yang setara dengan 35 apel, 18 pisang, sembilan lemon dan tiga jeruk. Selain itu, mangga muda mengandung zat besi dan lebih 80 persen kebutuhan magnesium serta kalsium per hari.

Bahkan konsumsi mangga disarankan justru ketika masih mentah, karena sebagian besar nutrisi–seperti vitamin C–akan hilang seiring proses pemasakan.

Berikut sejumlah manfaat mangga muda yang sudah terbukti secara ilmiah, seperti yang dilansir CNN Indonesia.

Meningkatkan kekebalan

Mangga yang masih mentah atau mangga muda memiliki kandungan vitamin A dan C serta nutrisi penting lain yang membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Temuan ini berdasar studi yang dipublikasikan di jurnal Horticultural Science and Biotechnology.

Dengan mengonsumsi mangga muda tanpa dimasak, Anda akan mendapatkan manfaat nutrisi secara maksimal.

Promosi kesehatan hati

Makan mangga muda atau mangga mentah bermanfaat untuk kesehatan hati karena mampu menangkal penyakit. Asam dalam buah mentah akan meningkatkan sekresi asam empedu dan membersihkan usus dari infeksi bakteri.

Sebuah studi mengenai mangga menyebut, sekresi itu juga membantu meningkatkan penyerapan lemak dengan membersihkan dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Meredakan gangguan pencernaan

Mangga mentah kaya akan pektin, karena itu konsumsi buah ini mendatangkan manfaat mengobati gangguan pencernaan. Mangga muda juga merupakan obat efektif untuk diare, sembelit atau gangguan pencernaan lain.

Makan mangga muda juga bisa membantu meredakan mual pagi hari. Karenanya cocok untuk sebagian perempuan yang sedang hamil.

Mengelola gangguan darah

Dikutip dari Bold Sky, penelitian menunjukkan bahwa mangga muda dapat membantu mengelola kelainan darah umum seperti anemia, pembekuan darah, hemofilia dan lainnya.

Kandungan vitamin C yang melimpah pada mangga muda diyakini mampu meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan memproduksi sel darah baru.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan niacin atau dikenal juga dengan vitamin B3 dalam mangga muda membantu meningkatkan kesehatan jantung. Niacin dapat meningkatkan kadar kolesterol darah dan mengurangi risiko penyakit seperti penyakit jantung, stroke hingga serangan jantung. (NMA/CNNI)