Instagram Bakal Ubah Stories Jadi Mirip Tiktok

Ilustrasi. Instagram disebut bakal ubah Stories jadi mirip Tiktok (Daniela Dinda/CNN Indonesia)

NewMalangPos – Instagram dikabarkan akan mengubah tampilan Stories yang kini berjajar horizontal, menjadi vertikal seperti Tiktok.

Jadi, pengguna bisa menyaksikan stories pengguna lain dengan format menggulung layar ke atas dan bawah, alih-alih ke samping seperti selama ini dilakukan.

Stories yang digulung ke samping ini, serupa dengan fitur serupa di Snapchat. Sebab, Instagram memang menambahkan fitur Stories lantaran mengikuti aplikasi media sosial itu.

Baca Juga: Pencarian Pasutri Ngantang 7 Hari

Sebelumnya, Instagram telah melakukan hal ini di Reels. Reels adalah perusahaan media sosial besutan Instagram serupa Tiktok.

Dilansir dari CNN Indonesia, Jumat (5/2), Saat ini, pembaruan Stories itu memang belum di tes kepada pengguna. Tapi mereka telah mengembangkan kode untuk mengubah cara pengguna menikmati Stories. Bocoran soal fitur baru Instagram ini sempat dibagikan oleh seorang pengembang Alessandro Paluzzi.

Paluzzi membagikan tangkapan layar di akun Twitter yang menunjukkan opsi Vertical Stories di Instagram. Terdapat tombol besar “Vertical Stories” tampak di layar diikuti oleh keterangan, “sekarang Anda bisa menggulung atas-bawah untuk melihat Stories”.

Menurut Paluzzi kepada TechCrunch, fitur ini belum tersedia untuk umum. Ia mendapatkan itu setelah menggali kode Instagram.

“Ini adala prototipe awal dan belum dites di Instagram,” jelas juru bicara Instagram.

Selain itu, prototipe tidak selalu berarti akan digunakan oleh pengguna.

Dalam sebuah wawancara, bos Instagram Adam Mosseri mengatakan Instagram melakukan banyak pertaruhan pada 2020. Mereka akan terus “memenuhi komitmen tersebut dan menyederhanakan pengalaman” pada 2021, seperti dilaporkan The Verge.

Menggulung Stories dari atas ke bawah dinilai lebih nyaman dilakukan pengguna. Sebab, sebagian besar kegiatan yang dilakukan di internet memang menggunakan gestur ini. Mulai dari menggulung kaman situs, menggulung feed foto Instagram atau media sosial lain. (eks/cnni/nmp)