Apple Berencana Rilis Mobil Listrik, VW Tidak Terintimidasi

Foto : CNN.com

NewMalangPos-CEO Volkswagen (VW), Herbert Diess mengaku tidak merasa terintimidasi akan rencana Apple yang akan segera meluncurkan mobil listriknya.

“Industri mobil tidak seperti industri teknologi yang bisa diambil alih dengan satu kali percobaan,” ungkap Diess, CEO perusahaan otomotif nomer satu di Eropa itu dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Jerman Frankfurter Allegemeine Zeitung. “Apple tidak akan mengambil alih dalam satu malam,” imbuhnya.

Selama bertahun tahun, pengamat industri berspekulasi bahwa Apple akan segera merilis mobil listrik dengan teknologi self-drivingnya sendiri. Isu ini kembali hidup pada Desmber 2020 saat Reuters memberitakan bahwa Apple berencana memproduksi kendaraan penumpang pada tahun 2024.

Pada April 2017 silam, Apple telah menerima izin dari Departemen Kendaraan Bermotor California untuk dapat menguji coba kendaraan dengan teknologi self-drivingnya. “Ada banyak hal yang perlu diteliti pada kendaraan listrik dan yang terhubung dalam sebuah teknologi,” tulis Morgan Stanley dalam sebuah catatan kepada investor Desember 2020 lalu.

VW sebagai perusahaan yang bergerak di bidang otomotif bermaksud untuk mendominasi industri mobil listrik. Perusahaan yang berdiri pada 1937 ini telah berhasil menjual 231,600 kendaraan elektrik pada 2020. Meskipun angka penjualan mobil listrik Volkswagen masih kalah saing dibandingkan dengan Tesla, namun hal itu mewakili peningkatan 214 persen dari tahun sebelumnya. (cnn/mg3/nda/nmp)