7 Makanan untuk Menghindari Kecemasan Berlebih

Ilustrasi. Konsumsi beberapa makanan untuk menghindari kecemasan dari pagi hingga malam. (Istockphoto/Jakraphong Pongpotganatam)

NewMalangPos – Kecemasan berlebih bisa sangat mengganggu kenyamanan. Konsumsi beberapa makanan untuk menghindari kecemasan, dari pagi hingga malam.

Kecemasan adalah masalah yang umum terjadi pada banyak orang. Kecemasan umumnya ditandai dengan kekhawatiran berlebih yang terjadi secara terus menerus.

Dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (2/2), pada beberapa kasus, kecemasan tak hanya terjadi akibat situasi tertentu, tapi juga disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dalam otak. Pengobatan sering kali dibutuhkan untuk mengatasi kecemasan.’

Namun, selain pengobatan, ada beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengurangi gejala kecemasan, mulai dari olahraga hingga berlatih pernapasan dalam.

Selain itu, ada juga beberapa makanan yang dapat membantu Anda terhindari dari kecemasan berlebih.

Baca Juga: Helwa Luncurkan Lima Produk Kosmetik Terbaru

Berikut beberapa pilihan makanan untuk menghindari kecemasan, dari pagi hingga malam hari.

1. Yogurt

Masukkan yogurt ke dalam rutinitas pagi Anda untuk mendapatkan dosis probiotik yang bermanfaat bagi otak.

Mengutip Greatist, yogurt dapat membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Hal ini telah ditemukan dalam sejumlah penelitian.

Anda bisa mengonsumsi yogurt bersamaan dengan buah blueberry segar. Blueberry kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang menurut penelitian termasuk ke dalam makanan untuk mengatasi kecemasan dan depresi.

2. Teh hijau

Jadikan teh hijau sebagai teman Anda saat bekerja di siang hari. Teh hijau mengandung L-theanine, asam amino yang terbukti meredakan kecemasan.

L-theanine menghasilkan efek menenangkan sambil merangsang dopamin, kadar GABA, dan serotonin di dalam otak yang bertanggung jawab untuk meningkatkan suasana hati.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam atau kangkung memiliki kekuatan super yang dapat membantu mengurangi kecemasan. Menu sayuran hijau cocok untuk makan siang Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayam memiliki sifat anti-cemas dan anti-depresi. Hal yang sama juga ditemukan pada kangkung lewat kandungan antioksidannya.

Beberapa jenis sayuran hijau lain yang juga kaya akan antioksidan di antaranya kubis, sawi, dan selada.

4. Almond

Jadikan kacang almond sebagai makanan ringan di siang hari. Seperti alpukat, almond kaya akan vitamin B yang mendukung fungsi otak dengan menyeimbangkan neurotransmitter dan menghilangkan stres.

Kacang AlmondIlustrasi. Kacang almond jadi salah satu pilihan makanan untuk menghindari kecemasan. (Unsplash/Juan Jose Valencia Antia)

Kacang satu ini juga mengandung banyak magnesium, yang diketahui dapat menurunkan kecemasan. Dalam 1 ons almond mengandung hampir 20 persen kebutuhan magnesium harian.

5. Cokelat hitam

Serotonin punya peran penting dalam mengusir kecemasan. Kabar baiknya, cokelat mengandung beberapa senyawa yang dapat mendorong hormon serotonin.

Selain almond, Anda juga bisa menjadikan cokelat hitam sebagai pilihan camilan siang.

Studi menunjukkan, makan sekitar 1,5 ons cokelat hitam setiap hari selama dua minggu dapat berdampak pada penurunan tingkat stres.

6. Makanan mengandung omega-3

Untuk makan malam, Anda bisa menyajikan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 demi terhindar dari kecemasan. Anda bisa mencoba salmon, udang, sarden, kacang edamame, dan sayur kacang merah. Asam lemak satu ini kerap dikaitkan dengan penurunan peradangan dan kecemasan.

Dari deretan makanan kaya omega-3, salmon adalah yang terbaik dalam melawan kecemasan. Salmon juga mengandung vitamin D yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan otak.

7. Teh chamomile

teh satu ini telah sangat populer digunakan untuk mengatasi kecemasan. Mengutip The Cut, teh ini memberikan efek menenangkan, meredakan masalah perut, dan membantu menangani peradangan.

Penggunaan teh chamomile telah ditemukan dalam sejumlah penelitian secara signifikan dapat mengurangi gejala gangguan kecemasan.(asr/cnni/nmp)