6 Gejala Kanker Lambung yang Harus Diwaspadai

Kanker lambung merupakan salah satu jenis kanker yang banyak dialami. Waspada, ada enam gejala kanker lambung yang muncul pada penderita. ( iStockphoto/Tharakorn/CNN Indonesia)

NewMalangPos-Kanker lambung merupakan salah satu jenis kanker yang banyak dialami. Waspada, ada enam gejala kanker lambung yang muncul pada penderita.

Aru Sudoyo, Profesor sekaligus Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mengungkapkan bahwa kebanyakan pasien kanker lambung cenderung terlambat konsultasi, sehingga sudah masuk dalam stadium lanjut, seperti dilansir CNN Indonesia, Kamis (11/2).

“Kebanyakan ketahuan sudah stadium tiga dan 4, tidak ada yang stadium 1 dan 2. Artinya kebanyakan dari mereka datang sudah tak bisa dioperasi,” katanya dikutip dari Antara.

“Ini yang menyebabkan harapan hidupnya pendek.”

Agar lebih waspada dengan jenis kanker ini, Aru memberikan beberapa gejala kanker lambung:

1. Nyeri abdomen

Nyeri abdomen atau nyeri perut. Nyeri ini awalnya terasa ringan sehingga kerap disepelekan. Namun nyeri ini tak akan hilang hanya dengan makan dan rasanya lama-lama semakin berat dan tak tertahankan.

“Gejala yang paling sering dari kanker lambung adalah 60-90 persen mirip sakit maag,” ucapnya.

2. Sulit menelan makanan

Gejala sulit menelan makanan muncul jika tumor berada di daerah kardia atas. Saat menelan terasa seperti ada yang menyangkut di dada, sehingga harus dibantu minum banyak air.

Hanya saja, ketika melakukan hal itu, makanan akan naik kembali ke atas atau gastroesphageal reflux atau gerd.

3. Mual dan muntah saat makan

Jika mengalami hal ini maka tumor kemungkinan terletak di dekat jalan masuk usus halus atau pylorus. Hambatan situ akan mengirim sinyal ke otak bahwa makanan harus kembali lagi ke atas.

4. Cepat kenyang

Mungkin Anda beranggapan lebih cepat kenyang menjadi pertanda baik, terutama yang tengah menurunkan berat badan. Tapi hati-hati dalam kasus ini, cepat kenyang disebabkan karena terisinya ruang lambung oleh tumor sehingga makanan jadi makin sedikit yang masuk dalam tubuh

5. Berat badan turun drastis

Penurunan berat badan secara drastis menjadi gejala kanker lambung. Ini terjadi karena sulitnya makanan masuk ke tubuh. Selain itu ketika sering muntah maka nutrisi akan berkurang.

6. Perdarahan

Ketika perdarahan mulai terjadi maka ini adalah fase di mana tumor atau kanker sudah menembus lapisan dalam lambung.

Gejala kanker lambung berupa perdarahan ini bisa menyebabkan hematemesis atas atau melena bawah dengan gejala anemia pada penderitanya.

Aru menyarankan untuk segera melakukan pemeriksaan dini ketika mengalami gejala kanker lambung seperti di atas.

(chs/cnni/mg1/nmp)