Gairahkan Pariwisata Songgoriti, DPUPR Optimalkan Jaringan Jalan dan Trotoar

Wisata Songgoriti yang berada di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu jadi salah satu destinasi legenda yang wajib dikunjungi wisatawan.

KOTA BATU, NewMalangPos – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu akan menggarap peningkatan jalan di kawasan Songgoriti, Kota Batu. Tak tanggung-tanggung untuk peningkatan jalan dalam mendukung dan menggairahkan pariwisata di Songgoriti pihaknya telah menyiapkan anggaran Rp 1,49 miliar.

Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan bahwa nantinya peningkatan jalan dimulai dari titik pintu masuk melingkar melewati kawasan Candi Songgoriti hingga akses pintu keluar. Dengan peningkatan jalan sepanjang 4 kilometer dan lebar 4 meter.

Baca Juga :  Upacara Peringatan HUT RI Ke-75 di Kota Batu Hanya Diikuti Forkopimda

“Seluruhnya akan dilapisi cairan hotmix. Tujuannya agar pengendara aman dan nyaman ketika melewati wisata Songgoriti. Apalagi kami mencatat kerusakan jalan mencapai 30 persen. Sehingga tahun ini peningkatan jalan akan digarap,” ujar Alfi kepada New Malang Pos.

Sesuai dengan rencana, pengerjaan dimulai pada akhir Juli ini atau awal Agustus. Tak hanya itu, DPUPR Kota Batu akan akan melakukan pembangunan trotoar ruas Jalan Wisata Songgoriti.

“Selain peningkatan jalan. Kami juga membangun trotoar ruas Jalan Wisata Songgoriti yang saat ini sudah naik lelang dengan pagu Rp 1,5 miliar,” beber Ketua PII Kota Batu ini.

Baca Juga :  Dewan Desak Bentuk BPPD

Untuk pembangunan trotoar, diungkap Alfi sebagai pendukung dan fasilitas bagi wisatawan yang senang berjalan kaki. Jalur pejalan kaki diharapkan dapat memberi kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya.

Lebih lanjut, dengan pembangunan yang diharapnya bisa segera digarap akhir bulan ini atau bulan depan, optimalisasi peningkatan jalan dan trotoar tersebut mampu mendukung pengembangan pariwisata di kawasan Songgoriti.

“Karena pengembangan pariwisata tak bisa lepas dari dukungan jaringan infrastruktur jalan yang prima. Itu untuk mendukung kunjungan wisatawan lebih banyak lagi,” pungkasnya. (eri)

artikel Pilihan