Focus Group Discussion Unisma, Gelar Restrukturisasi SOTK Bersama Dinas Sosial Jatim

16
KOMPAK: Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si dan para wakil rektor bersama Kepala Dinas Sosial Jatim Dr. Alwy. M.Hum dan Kabid PPM Bappeda Jatim Ir. Sigit Panuntun. M.Si, Direktur Pascasarjana Unisma Prof. H. M. Mas'ud Said, M.M., Ph.D dan Ketua LPPM Unisma Dr. Nour Athiroh Abdoes Sjakoer, S.Si., M.Kes.

MALANG, NewMalangPos – Universitas Islam Malang (Unisma) makin sinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Setelah sukses dengan berbagai program kolaborasi, Unisma kembali dipercaya dalam mendukung program Restrukturisasi Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Dinas Sosial. Kerjasama ini tidak lain untuk mewujudkan Jawa Timur sebagai provinsi terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si mengatakan dalam mewujudkan pelayanan masyarakat yang cepat, tanggap dan memuaskan, restrukturisasi SOTK menjadi keniscayaan. Terutama di lingkungan dinas sosial yang sangat dekat interaksinya dengan masyarakat. “Kami sangat mengapresiasi adanya restrukturisasi SOTK ini. Karena program ini sifatnya adaptif,” ucapnya.

Ia menambahkan, restrukturisasi SOTK adalah satu cerminan pemerintah jawa timur dalam membangun semangat perubahan. Meskipun setiap kebijakan dituntut untuk selalu menyesuaikan dan berpedoman pada undang-undang, tetapi perubahan yang lebih baik merupakan keharusan. Salah satunya dalam melakukan percepatan dalam memberikan pelayanan pada publik.

Maka perlu melakukan perubahan struktur organisasi di berbagai UPT Jawa Timur. “Untuk mencapai percepatan layanan masyarakat yang baik perlu perubahan. Dan ini menjadi mutlak harus dilakukan khususnya di era saat ini,” tegasnya.

Maka dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang juga melibatkan tim dari LPPM Unisma ini diharapkan dapat menghadirkan pemikiran-pemikiran besar dan melahirkan konsep-konsep out of the box. Semangat organisasi yang dibangun bukan yang bersifat mekanistis, tetapi benar-benar yang organis. Yaitu yang selalu adaptif terhadap dinamika dan perkembangan zaman.

Prof Maskuri mengatakan pelaksana tugas pemerintahan yang baik tidak kaku dalam menerapkan sebuah aturan. Karena yang dibutuhkan adalah pelayanan yang cepat dan memuaskan. “Ini sebenarnya konsep yang selalu didengungkan oleh Pak Jokowi. Kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit,” tandasnya.

Ia pun mengimbau kepada semua pihak untuk memanfaatkan kesempatan hidup dengan menebar kebaikan kepada sesama. Terutama mereka yang bertugas dan diberikan amanah untuk melayani masyarakat. Harus dilaksanakan sekuat tenaga dan sebaik-baiknya. “Kebijakan itu muncul dengan kearifan dari individu-individu pelayan masyarakat,” imbuhnya.

Maskuri pun berharap Restrukturisasi Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Sosial Jawa Timur berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang baik. Sehingga menjadi contoh bagi provinsi lainnya yang ada di Indonesia. “Unisma siap membantu niat baik gubernur bersama dengan UPT dan dinas-dinas,” ujarnya.

Tak lupa dalam kesempatan tersebut, Maskuri mengucapkan terimakasih atas kepercayaan pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dalam hal Unisma diberikan kepercayaan untuk terlibat dalam penyusunan struktur organisasi dan tata kerja Dinas Sosial Jatim.

Menurutnya, aktivitas dan program-program provinsi Jawa Timur yang dipercayakan kepada Unisma menjadi bukti satu kerjasama yang baik antara perguruan tinggi dengan pemerintah. Sinergitas itu tentu untuk mendukung dan memaksimalkan potensi masing-masing.

Sebagai rektor, Maskuri selalu mendukung program apapun yang berorientasi pada kemajuan. Karena kerjasama Unisma dengan pemerintah maupun instansi lain merupakan keharusan. “Dan kami sudah terbiasa berpikir keras untuk memberikan pelayanan kepada publik. Maka apapun kerjasama yang ditawarkan oleh pemerintah pusat maupun provinsi, kami selalu siap. Kehadiran unisma, analoginya sebagai Perguruan Tinggi yang terus memberikan manfaat kepada siapapun,” tuturnya.

Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang Restrukturisasi Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Sosial ini dilaksanakan pada Kamis (18/3) kemarin. Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Dr. Alwy. M.Hum dan Kepala Bidang PPM Bappeda Provinsi Jawa Timur Ir. Sigit Panuntun. M.Si. Hadir juga para Wakil Rektor Unisma, Direktur Pascasarjana Unisma Prof. H. M. Mas’ud Said, M.M., Ph.D dan Ketua LPPM Unisma Dr. Nour Athiroh Abdoes Sjakoer, S.Si., M.Kes. (imm/adv)