Film Perjalanan Led Zeppelin akan Tayang Venice Film Festival 2021

Led Zeppelin (Foto: Jim Summaria via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0)/ CNN Indonesia)

Jakarta, NewMalangPos – Film tentang perjalanan band rock Led Zeppelin akan tayang. Film dokumenter Becoming Led Zeppelin itu dijadwalkan tayang perdana di Venice Film Festival 2021 di kategori Out of Competition, September mendatang.

Mengutip dari Labiennale pada Senin (3/8) waktu setempat, Becoming Led Zeppelin merupakan sebuah film dokumenter yang mengungkapkan perjalanan empat individu anggota band Led Zeppelin yang berhasil menggebrak industri musik dunia pada era 1960-an.

Sebelum menjadi terkenal, Led Zeppelin mengawali karier mereka dengan bermain di klub-klub kecil di seluruh Inggris dengan membawakan hits andalan mereka pada zaman itu.

Perjalanan yang tidak mudah itu itu akhirnya terbayar lewat sebuah penampilan di musim panas 1968 yang mengubah hidup mereka selamanya.

Baca Juga :  Hei Para Leslar! Lesti Kejora dan Rizky Billar Sah Jadi Suami Istri Hari Ini

Hingga pada akhirnya Led Zeppelin yang digawangi Jimmy Page, John Paul Jones, John Bonham, dan Robert Plant sukses menaklukkan Amerika dalam perjalanan yang penuh lika-liku. Puncaknya pada tahun 1970, Led Zeppelin dinobatkan sebagai band nomor satu di dunia.

Becoming Led Zeppelin disutradarai oleh Bernard MacMahon (American Epic), dan ditulis serta diproduksi oleh Allison McGourty, bersama empat anggota Led Zeppelin yakni Jimmy Page, John Paul Jones, John Bonham dan Robert Plant.

Bernard mengatakan bahwa film tersebut sebagian besar bercerita tentang momen empat anggota Led Zeppelin dalam menggunakan musik dan citra untuk memberi konteks pada musik mereka dengan lokasi band itu dibuat dan peristiwa dunia yang mengilhami.

Baca Juga :  David Bowie Bangun Vila Ala Bali di Karibia

“Saat menyutradarai Becoming Led Zeppelin, saya ingin membuat film dokumenter yang terlihat dan terasa seperti musikal. Saya ingin menyatukan empat cerita berbeda dari anggota band sebelum dan sesudah mereka membentuk Led Zeppelin,” ujar Bernard MacMahon.

Dalam membuat film dokumenter ini, Bernard MacMahon menggunakan cetakan asli dan negatif dari perjalanan Led Zeppelin di atas panggung dengan melibatkan lebih dari 70.000 rekaman yang dipulihkan secara manual.

Dalam menyusun rekaman-rekaman itu menjadi sebuah cerita, Bernard MacMahon mengaku terinspirasi oleh film Singin ‘In The Rain.

Baca Juga :  Hasil Pemeriksaan Polisi, Anji Sudah 9 Bulan Konsumsi Ganja

Ia menggabungkan beberapa rekaman yang belum pernah dirilis dengan montase poster, tiket, dan perjalanan band Led Zeppelin untuk menciptakan visual dimulai dari awal karier hingga hingar bingar setelah mereka terkenal.

Sementara itu film dokumenter Becoming Led Zeppelin adalah pengalaman pertama Led Zeppelin berpartisipasi dalam film dokumenter di sepanjang 50 tahun karier mereka sebagai band ternama.

Hingga kini masih belum diketahui terkait tanggal perilisan film dokumenter Becoming Led Zeppelin untuk khalayak umum. (nly/fjr/cnni/jon/nmp)

artikel Pilihan