FEB Universitas Brawijaya Gandeng Sinarmas, Wujudkan Merdeka Belajar

SINERGI: Civitas Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya bersama pihak Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah usai penandatangan MoU

NEW MALANG POS, MALANG – Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) menjalin kerja sama dengan Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah (UUS).

Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama dilakukan Halim selaku Direktur Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah dengan Abdul Ghofar, SE., MSi, Macc selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Selasa (12/10).

Kerja sama ini merupakan salah satu perwujudan program Kampus Merdeka yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia. Yakni pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya mahasiswa di Indonesia serta memperkuat penjualan produk perencanaan haji.

Baca Juga :  Khofifah: SPP SMA/SMK Se-Jatim Gratis

Dalam kerja sama tersebut disepakati program magang di Bank Sinarmas UUS akan berlangsung selama enam bulan. Kegiatan magang itu akan diekuivalenkan setara dengan 20 SKS. Dalam sambutannya, Halim selaku direktur Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah mengungkapkan terkait dengan kebijakan pemerintah untuk mengembangkan kurikulum MBKM, kerja sama ini menjadi sangat relevan dan penting.

“Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan bertujuan untuk memajukan pendidikan dan aspek lain terkait perbankan. Semoga kerja sama ini dapat berkelanjutan dan memberi manfaat bagi mahasiswa Universitas Brawijaya maupun universitas-universitas mitra sehingga pendidikan Indonesia semakin berkembang,” tuturnya.

Baca Juga :  Soal ASPD Matematika SMP di Sleman Diduga Bocor, Disdik Angkat Bicara

Pada program Kampus Merdeka, Bank Sinarmas UUS berkontribusi sebagai penyedia kesempatan magang di industri pembangkitan kepada mahasiswa. Cakupannya adalah penyediaan mentor bagi mahasiswa, penyediaan perangkat magang termasuk proyek hingga studi kasus untuk dapat diselesaikan oleh mahasiswa selama proses magang berlangsung.

“Bahkan di akhir magang mahasiswa bidang teknik diberikan kesempatan mengikuti uji sertifikasi kompetensi,” kata Halim.

Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Dr. Sumiati, SE,MS menjelaskan bahwa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Baca Juga :  Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Sabilillah Malang, Tambah Guru Besar, SISMA Makin Hebat

Mahasiswa akan diberikan experiential learning dengan jalur yang fleksibel yang diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya.

Program Studi Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (PSSM FEB UB) merupakan salah satu program studi di UB yang memiliki komitmen tinggi untuk menerapkan dan mengembangkan kegiatan MBKM.

Sebanyak 119 mahasiswa PSSM mengikuti magang, sebanyak 49 diantaranya di PT Bank Sinarmas. “Kami berharap program ini dapat mempercepat lulusan terserap dunia kerja,” ujar Sumiati. (imm/udi)

artikel Pilihan