Ekstrak Buah Kaktus Berkhasiat untuk Kulit, Obati Jerawat

Ekstrak buah kaktus kerap dijadikan sebagai bahan aktif kandungan perawatan kulit berkat segudang manfaat di dalamnya. (Arsip AYSI Skincare/CNN Indonesia)

Jakarta, NewMalangPos – Ekstrak buah kaktus seringkali dijadikan sebagai bahan aktif untuk skincare perawatan kulit karena memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat di dalamnya. Terdapat beberapa manfaat ekstrak buah kaktus yang ternyata juga mampu mengobati jerawat.

Salah satu ekstrak buah kaktus yang sangat sering digunakan untuk skincare yakni jenis opuntia coccinellifera fruit extract.

Pasalnya, ekstrak buah kaktus dikenal sebagai tanaman yang telah hidup 100 tahun, sudah teruji klinis dan efektif untuk mengatasi masalah kesehatan, dijadikan bahan makanan, hingga masalah kulit wajah.

Baca Juga :  Thailand Tawarkan Paket 'Wisata Vaksin' ke AS Mulai Rp 34,2 Juta

Ekstrak buah kaktus memiliki kandungan yang lebih kaya akan vitamin C dan ekstra melembapkan. Sebab, kaktus hidup di area padang pasir yang kering dan gersang sehingga tanamannya kaya akan komponen untuk menghidrasi atau melembabkan.

Apa saja manfaat ekstrak buah kaktus? Simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Menghidrasi kulit

Kulit rentan mengalami dehidrasi, jika kelembapannya tidak terjaga. Menurut ahli dermatologi Ruri Pamela, senyawa yang ada di dalam ekstrak buah kaktus mampu membuat kulit tampak lebih lembab dan kenyal sehingga cocok untuk kulit kering.

2. Obati jerawat

Baca Juga :  Pulau Sempu, Cagar Alam yang Terlarang untuk Wisatawan

Ekstrak buah kaktus juga ampuh untuk meredakan jerawat dan kemerahan atau blemish.

“Berkat kandungan anti inflamasi, ekstrak buah kaktus dapat membantu mengurangi peradangan jerawat sekitar 7-10 hari,” kata Ruri, dalam keterangan AYSI Skincare yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (9/9)

3. Anti-aging

Ekstrak buah kaktus juga kaya akan vitamin E dan asam lemak baik. Kedua kandungan itu dibutuhkan sebagai bagian dari lapisan kulit atas untuk memperkuat lapisan kulit dari pengaruh lingkungan dan membantu menyehatkan kulit, serta menghambat proses penuaan.

4. Antiinflamasi

Ekstrak buah kaktus juga mengandung anti inflamasi yang dapat meredakan kemerahan pada kulit atau kemerahan karena jerawat dan sebagainya.

Baca Juga :  5 Camilan Nikmat dan Sehat untuk Ibu Hamil

Kandungan antiinflamasi dan efek menenangkan dari ekstrak buah kaktus dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

Namun, pemilik kulit hipersensitif perlu berhati-hati dalam menggunakan skincare mengandung ekstrak buah kaktus karena dapat menyebabkan alergi akibat komponen dalam kaktus.

“Kulit yang cenderung hipersensitif dan mudah alergi, akan berisiko muncul ruam kemerahan, disertai rasa gatal setelah pemakaian beberapa hari,” ujar Ruri, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Senin (13/9).

(agn/cnni/mg7/mg9/jon/nmp)

Pilihan Pembaca