Duo Rocky- Raize Masuk Daftar Relaksasi PPnBM

10
new malang pos
Daihatsu Rocky

NewMalangPos, Jakarta – Belum juga diluncurkan di Indonesia, tanda-tanda Daihatsu Rocky dan Toyota Raize bakal dipasarkan di tanah air semakin kentara.

Mobil kembar Astra ini masuk dalam daftar 21 mobil yang mendapatkan keuntungan kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Daftar itu tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 tentang kendaraan yang PPnBM-nya ditanggung pemerintah pada 2021. Aturan ini terintegrasi dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 20 Tahun 2021 tentang hal serupa yang menjadi landasan hukum diberlakukannya relaksasi PPnBM.

Sejauh ini pemegang merek Astra Daihatsu Motor (ADM) dan Toyota Astra Motor (TAM) belum pernah menyatakan secara resmi bakal meluncurkan Rocky dan Raize di dalam negeri. Namun sinyal kedua mobil itu bakal dijual sebenarnya sudah terendus pelan-pelan sejak debut di Tokyo Motor Show 2019.

Kemudian tim research and development (RnD) ADM juga diketahui pernah menguji mesin 1.000 cc di Tanah Air pada akhir 2019 untuk riset Rocky. Rumor makin kencang karena kedua mobil itu diyakini telah terdaftar di Indonesia karena muncul dalam Peraturan Mendagri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB).

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, dalam aturan itu Rocky dipercaya memakai kode A250RS untuk varian mesin 1.000 cc dan A251RS buat 1.200 cc. Sedangkan Raize diduga menggunakan kode A250RA buat mesin 1.000 cc dan A251RA untuk 1.200 cc.

new malang pos
Toyota Raize

Penampakan mobil berkamuflase diduga Rocky juga sebelumnya tertangkap kamera dan beredar di media sosial. Terakhir, produsen Malaysia, Perodua, yang sebagian sahamnya dimiliki Daihatsu, telah membuka pesanan Ativa, versi lain Rocky yang dijual di sana.

Rocky dan Raize dipastikan merupakan produksi lokal sebab mobil yang mendapatkan relaksasi PPnBM wajib memenuhi kriteria itu. Kriteria lain yang mesti dimiliki yakni ‘memenuhi persyaratan pembelian lokal (local purchase) yang meliputi pemenuhan jumlah penggunaan komponen yang berasal dari hasil produksi dalam negeri. Yang dimanfaatkan dalam kegiatan produksi kendaraan bermotor paling sedikit 70 persen’ seperti tertulis dalam Kepmenperin 20/2021.

Rocky dan Raize melanjutkan produk kolaborasi ADM dan TAM sebelumnya yang sudah melahirkan Daihatsu Xenia-Toyota Avanza, Daihatsu Terios-Toyota Rush, Daihatsu Agya-Toyota Ayla, serta Daihatsu Sigra-Toyota Calya. (cnn/ley)