Dua Pesawat Hercules Milik Lanud Abd Saleh Kirim Bansos ke NTT

10
Pesawat Hercules C-130 milik Lanud Abd Saleh mengangkut bantuan sosial yang akan didistribusikan ke daerah terdampak banjir bandang NTT.(IST)

MALANG, NewMalangPos– Skadron 32 Lanud Abd Saleh kembali terlibat dalam misi sosial. Kali ini melakukan aksi sosial mendistribusikan bantuan sosial (Bansos) ke wilayah terdampak banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Komandan Skadron 32 Lanud Abd Saleh  Letkol Pnb Taufik Nur Cahyanto M. Han. MM mengatakan ada dua pesawat Hercules milik Skadron 32 Lanud Abd Saleh yang mengangkut bantuan sosial dari Jakarta ke NTT. Yakni pesawat hercules dengan nomor A-1335 dan A-1337.

“Berangkat mulai Selasa (6/4) kemarin. Mengangkut bantuan dari Jakarta ke NTT,” katanya.

Taufik mengatakan, menerbangkan dua pesawat Hercules ke Jakarta untuk terlibat dalam misi sosial setelah mendapatkan surat dari Mabes TNI AU. Namun demikian, Taufik juga mengatakan ini bukan kali pertama Skadron 32 Lanud Abd Saleh terlibat dalam misi sosial. Tapi sudah seringkali.

Sementara itu Kepala Penerangan Lanud Abd Saleh Letkol Sus Dodo Agus Prio S mengatakan, misi sosial pesawat Hercules ke NTT dikoordinatori oleh

Mayor Pnb Fahmi A.F. Dalam misi sosal kali ini  logistik yang dibawa Pesawat Hercules antara lain barang-barang sembako keperluan para pengungsi.

“Barang atau logistik  yang dibawa merupakan bantuan dari Presiden RI seberat hampir 12,5 ton dan dari Komando Operasi TNI AU I (Koopsau I), Jakarta seberat satu ton lebih.

Kemarin bantuan dari Koopsau I diserahkan langsung oleh  Kaskoopsau I Marsma TNI Jorry F. Koloay, dan diterima langsung oleh   Mayor Pnb Fahmi A.F,” tambah Dodo.

Dodo juga menjelaskan, dua pesawat Hercules terbang dari Lanud Halim Perdana Kusuma  pukul 09.25. Dua pesawat ini landing di Bandara FX Seda, Maumere. Setelah semua barang atau logistik diturunkan, satu pesawat dengan nomor A-1335 kembali menuju Lanud Abd Saleh dan landing pukul 16.28 WIB kemarin. (ira/ley)