Dua Mahasiswa Meninggal, UIN Malang Bubarkan UKM Pagar Nusa

1583
SAMPAIKAN: Wakil Rektor 3 UIN, Isroqunnajah memberikan keterangan atas meninggalnya dua mahasiswa yang ikut pembaiatan UKM Pagar Nusa di Coban Rondo Batu dalam konferensi pers di Mapolres Batu Sabtu (13/3) sore ini. (NMP/IST)

NewMalangPos, KOTA BATU – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang membuat keputusan tegas. Kampus tersebut memutuskan UKM Pagar Nusa dibubarkan.

Keputusan tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor 3 UIN, Isroqunnajah usai mengikuti konferensi pers di Mapolres Batu Sabtu (13/3) sore ini.

Gus Is, sapaan akrabnya, yang menjelaskan pembubaran UKM yang merenggut dua nyawa mahasiswanya yang saat itu mengikuti pembaiatan di Coban Rais, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu pada 6 Maret 2021.

Keputusan itu juga diambil setelah pihaknya mendalami penyelidikan yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Batu dan ditemukan adanya kelalaian. Kelalaian tersebut menjadi dasar dalam pembubaran ini.

“Beberapa waktu lalu kita rapat dan berkoordinasi dengan internal. Berdasarkan pedoman kemahasiswaan UKM Pagar Nusa UIN dibubarkan. Hal itu sudah memenuhi butir-butir pedoman kemahasiswaan,” ujar Gus Is dalam konferensi pers di Mapolres Batu.

Tidak hanya itu, pihaknya juga memberikan sanksi akdemik yang paling berperan dalam kegiatan tersebut. Pemberian sanksi agar tidak ada lagi kejadian serupa di UKM UIN.

“Intinya saya sampaikan pasti dibubarkan. Kalau sanksi bagi siapa nanti yang bersangkutan sementara skorsing. Untuk drop out masih akan kita bicarakan,” imbuhnya.

Peristiwa kelam pada pembaiatan anggota baru UKM Pagar Nusa UIN terjadi pada hari Sabtu (6/3) dan menelan dua korban. Korban itu adalah Moh Faishal Lathiful Fahri, mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah UIN asal Lamongan dan Miftah Rizki Pratama, mahasiswa Tadris Matematika asal Bandung.

Kedua korban itu pingsan hanya berjarak 30 menit setelah berjalan dari Predator Fun Park menuju Coban Rais. Keduanya meninggal ketika sedang dalam perjalanan menuju RS Karsa dan Puskesmas Karangploso. (eri/ley)