Dua Bulan Bebas, Residivis Maling Laptop Beraksi saat Tarawih

10
M. Wildanar (foto kiri). M. Dzulkifli saat menunjukkan lokasi pelaku melancarkan aksinya di Musala dan TPQ Nurul Huda.(NMP – IST)

MALANG, NewMalangPos – Obok-obok kamar takmir Musala dan Taman Pendidikan Quran (TPQ) Nurul Huda, di Jalan M.T. Haryono VI-C, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, seorang bapak tiga anak nyaris dimassa warga. M. Wildanar, 38, warga asal Ds. Tawangrejo, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar dipergoki oleh salah seorang takmir, saat sedang membungkus dua buah laptop milik rekannya di dalam sebuah kresek pada Rabu, (14/4).

Salah seorang takmir yang merupakan rekan saksi mata, M. Ainur Ridho, 20, menceritakan bahwa temannya tersebut yang bernama M. Dzulkifli saat itu sedang ke kamar untuk istirahat sekitar pukul 19.20. Saksi kaget ketika di dalam kamar ada seseorang yang mencurigakan.

“Teman saya memergoki pelaku, karena saat itu pelaku berada di kamar takmir dan sedang membungkus laptop teman-teman takmir dengan plastik kresek,” ujarnya.

Ia menceritakan bahwa Dzulkifli sempat meneriaki pelaku, dan mengelak dengan berujar bahwa ia sedang buru-buru. Pelaku juga berkata bahwa istrinya sedang hamil dan saat ini berada di Blitar, kemudian mencoba untuk kabur.

“Teman saya langsung membekuk pelaku, dan membawa keluar area TPQ,” lanjutnya.

Karena kondisi saat itu ramai penduduk yang sedang Salat Tarawih, pelaku yang tertangkap oleh Dzulkifli itu hampir diamuk massa. Warga saat itu menggeledah tubuh pelaku, dan didapati ada empat buah HP yang disembunyikan di balik celana.

Kapolsekta Lowokwaru, Kompol Fatkhur Rokhman melalui Panit I Reskrim Polsekta Lowokwaru, Ipda Zainul Arifin menyampaikan bahwa pelaku adalah residivis kasus yang sama. Pelaku sebelumnya ditangkap setelah kedapatan mencuri laptop dan HP di Masjid Unisma pada awal tahun 2020 lalu.

“Pelaku baru bebas sekitar dua bulan yang lalu, karena desakan kebutuhan ekonomi pelaku akhirnya kembali melancarkan aksi pencurian laptop dan HP,” tuturnya.

Dari tangan pelaku polisi mengamankan enam barang bukti. Barang yang diamankan tersebut adalah, Laptop merk Lenovo Hitam G405, Laptop merk Asus Hitam A42F, HP Asus Zenfone, HP Oppo F11, Oppo A3S, dan Xiaomi 8 Lite. (rex/ley)