DPR AS Akhirnya Sahkan Undang-undang Perlindungan Hak LGBT

8
Foto: bbc.com

NewMalangPos – Dewan Perwakilan Rakyat AS telah mengeluarkan undang-undang yang melarang diskriminasi LGBT. Tetapi keputusan ini menghadapi perjuanagan berat untuk diberlakukan.

Senat AS menentang undang-undang yang sebelumnya disahkan oleh DPR yang dipimpin Demokrat pada 2019 ini.

Perdebatan tersebut telah mengungkap pertarungan ideologis antara kaum liberal yang mendukung tindakan tersebut dan kaum konservatif yang mengatakan itu melanggar kebebasan beragama.

Ini adalah kedua kalinya DPR yang dipimpin Demokrat mengesahkan undang-undang yang dikenal sebagai Undang-Undang Kesetaraan dan mengubah Undang-Undang Hak Sipil tahun 1964 untuk menambahkan larangan eksplisit atas diskriminasi terhadap orang-orang lesbian, gay, biseksual dan transgender di publik dan urusan pribadi.

Undang-undang tersebut juga akan dikodifikasi secara federal menjadi undang-undang keputusan Mahkamah Agung Juni 2020 yang mengatakan bahwa majikan yang memecat pekerja karena gay atau transgender melanggar undang-undang hak sipil.

Para pendukung  tindakan tersebut  berpendapat bahwa  undang-undang anti-diskriminasi negara saat ini tidak memberikan perlindungan yang cukup komprehensif dan membuat banyak individu LGBT dalam risiko.

“Sifat dari undang-undang saat ini membuat jutaan orang tunduk pada ketidakpastian dan kemungkinan diskriminasi yang berdampak pada keselamatan mereka, keluarga mereka, dan kehidupan sehari-hari mereka,” kata Kampanye Hak Asasi Manusia dalam sebuah pernyataan.

Mengesahkan undang-undang itu adalah salah satu janji kampanye Presiden Joe Biden dan dia mengatakan akan segera menandatanganinya menjadi undang-undang jika disetujui Kongres. (cnn/mg2/nda/nmp)