DPP Partai Demokrat Terima Pendaftaran Bacalon Ketua DPD Jatim Bayu Airlangga

SAH: Bayu Airlangga resmi diterima sebagai bakal calon Ketua DPD PD Jatim oleh DPP PD.(dok)

Jakarta, NewMalangPos – Penantian pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) segera berakhir. Pasalnya DPP Partai Demokrat melaui BPOKK (Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan) menyatakan telah resmi menerima pendaftaran dari Bakal Calon Ketua DPD PD Jatim atas Nama Bayu Airlangga.

“Berkas Formulir dukungan DPC untuk Bayu Airlangga telah kami terima dan dijadikan aspirasi untuk segera digelarnya Musda Demokrat Jawa Timur,” tegas Rocky Amu, Sekretaris BPOKK DPP PD usai menemui DPC se Jatim dua hari lalu di kantor DPP PD , Jl Proklamasi Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Bayu Airlangga menyerahkan 30 berkas pernyataan dukungan dari Ketua DPC Demokrat se-Jatim kepada Pengurus DPP Partai Demokrat siang ini, Kamis (21/10/2021). Kehadiran Bayu bersama para Ketua DPC diterima oleh Sekretaris BPOKK DPP Partai Demokrat, Rocky Amu

Baca Juga :  Saat ini, 25 Daerah di Jatim Level 1 Berdasarkan Asesmen Kemenkes

Dengan penyerahan berkas tersebut, maka Bayu Airlangga resmi mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Ketua DPD Demokrat Jatim.

Pada kesempatan tersebut, Rocky menyampaikan, saat ini beberapa daerah telah sukses menggelar Musda. Ia memperkirakan paling lambat pelaksanaan Musda akan berlangsung pada Desember 2021 mendatang termasuk di Jatim.

“Dari 34 DPD yang sudah melakukan Musda sampai saat ini 13 dan lanjut Lampung besok, target kita maksimal Desember 2021 Musda DPD sudah selesai semua,” ujar Rocky.

Sementara, surat pernyataan dukungan yang dibawa oleh Bayu Airlangga juga sudah dianggap sah karena sudah ditandatangani dan bermaterai oleh masing-masing Ketua DPC.

Baca Juga :  Pelantikan 17 Kepala Daerah di Jatim Digelar Hybrid, Dibagi Tiga Sesi

“Sehingga tidak perlu membuat surat dukungan kembali dan apabila ada yang menarik dan membuat surat dukungan ganda maka dianggap tidak sah,” ungkap Sekretaris OKK.

Proses Musda nanti tak jauh beda dengan daerah lain. Ketika ada satu bakal calon yang merasa dominan didukung oleh hampir seluruh Ketua DPC mendaftarkan diri ke DPP.

Selanjutnya DPP melakukan telaah dilaporkan ke Ketum untuk pengesahan dan rekomendasi pelaksanaan Musda. Rata-rata berakhir melalui aklamasi. Bayu Airlangga sendiri telah mengantongi 30 dukungan dari 38 DPC yang ada di Jatim. Dukungan disinyalir akan terus bertambah.

Baca Juga :  Banjir Lahar Semeru Jadi Berkah Penambang Pasir Lumajang

“Termasuk Jatim dengan ini sudah menyerahkan berkas dukungan sebanyak 30 Ketua DPC bahkan ada dua lagi susulan surat pernyataan, maka ini sudah hampir semua dan sisa 6 DPC saja, mudah-mudahan bisa kita segera laksanakan Musda untuk Jatim,” ungkapnya. (has)

artikel Pilihan