DJP Jatim III Ajak Masyarakat Antusias Vaksinasi

4
new malang pos
Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III Agustin Vita Avantin mengajak masyarakat untuk antusias vaksinasi dalam gelaran kampanye simpatik SPECTAXCULAR 2021 yang dilakukan secara virtual, Minggu (21/3).

Kampanye Simpatik SPECTAXCULAR 2021

NewMalangPos – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi guna memulihkan ekonomi agar kembali bangkit.

Ajakan tersebut disampaikan dalam gelaran kampanye simpatik SPECTAXCULAR 2021 yang dilakukan secara virtual, Minggu (21/3/2021).

Gelaran SPECTAXCULAR 2021 kali ini mengusung tema Pajak untuk Vaksin Kita dengan tagline Patuh Pajak Ekonomi Pulih Indonesia Kuat. Kampanye ini sekaligus sebagai ajang mendekatkan diri kepada masyarakat agar bersama-sama mengamankan penerimaan negara di sektor perpajakan.

Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III Agustin Vita Avantin mengatakan, di masa pandemi ini program pemulihan ekonomi dan  kesehatan menjadi program penting pemerintah agar Indonesia kembali pulih. Dari sisi kesehatan pemerintah menggalakkan program vaksinasi.

“Vaksin itu penting agar kita kembali pulih, sehat dan ekonomi kembali bangkit agar menjadi negara maju dan sejahtera. Masyarakat juga harus bersedia vaksin,” ujar Agustin.

Selama pandemi Covid-19 pemerintah telah melakukan berbagai kebijakan seperti Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada bulan pertama di tahun 2021 yang ditujukan untuk mendorong perekonomian. Selain itu juga memberikan perpanjangan insentif pajak hingga 30 Juni 2021 di antaranya berupa insentif PPh Pasal 21 Ditanggung Pemerintah dan Pengurangan Angsuran PPh Pasal 25 sebesar 50 persen. Sementara dari segi kesehatan pemerintah memberikan fasilitas kepabeanan untuk impor alat kesehatan dan vaksin.

“Pemerintah telah memberikan insentif perpajakan dan fasilitas lainnya dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Tentunya dukungan masyarakat, Wajib Pajak kepada Pemerintah dengan tidak menunda kewajiban pembayaran pajak sangat dinanti. Jangan lupa untuk segera melaporkan SPT Tahunan dengan e-Filing,” tegasnya.

Selaku organisasi publik yang mengedepankan pelayanan, Kanwil DJP Jawa Timur III terus meningkatkan pelayanannya. Salah satu strategi yang dilakukan adalah pengembangan layanan pajak berbasis digital yang fokus pada user, experience dan user friendly. Strategi tersebut dijabarkan melalui Click, Call, Counter (3C) untuk memproses permohonan Wajib Pajak dengan lebih mudah dan cepat.

Sementara itu Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan Heru Pamungkas Wibowo mengatakan, 3C merupakan inovasi DJP untuk memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak.

“Wajib Pajak dapat mengakses semua layanan melalui online. Kami menyediakan seluruh saluran baik telpon maupun online, ini adalah terobosan kami untuk menjawab tantangan zaman. Layanan ini lebih nyaman harapan kami dapat direspon oleh wajib pajak,” pungkas Heru. (lin/lim)