Dilamar Mantan

20

MALANG, NewMalangPos – Kekosongan kursi pelatih kepala di Arema FC masih menarik minat dari sejumlah pelatih asing. Sekalipun langkah Singo Edan kandas terlalu dini di Piala Menpora 2021, tetap tidak menyurutkan lamaran dari pelatih asing. Teranyar, dua pelatih asing mencoba peruntungannya menangani Johan Alfarizi dkk. Keduanya sudah pernah mengecap kompetisi Liga 1 dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Lamaran-lamaran yang berdatangan itu langsung diterima oleh General Manager Arema FC Ruddy Widodo. Walaupun demikian, belum ada keputusan final dari Arema FC terhadap ketertarikan pelatih-pelatih berpaspor luar negeri tersebut. “Sampai saat ini, kami belum menutup kemungkinan pelatih asing,” ujar General Manager Arema FC Ruddy Widodo.

Salah satu pelamar adalah Milan Petrovic. Pelatih berkebangsaan Serbia itu sudah tidak asing di telinga Aremania dan Aremanita. Pasalnya, Milan Petrovic menangani Arema FC di tahun 2018. Rekor pertandingannya 13 kali kemenangan, lima kali seri dan tujuh kali kalah.

Selain Milan, Arema FC juga dilamar oleh Annese, eks pelatih PSIS Semarang di tahun yang sama ketika pelatih asal Slovenia itu memimpin Arema. “Terbaru ini ada lamaran dari Annese,” ucap Ruddy.

Nama yang dimaksud adalah Vincenzo Alberto Annese. Pelatih berkebangsaan Italia itu saat ini sedang menukangi klub kasta kedua Liga India, Gokulam Kerala FC. Setahun sebelumnya, dia sudah pernah berkesempatan menangan tim nasional Belize untuk kualifikasi Piala Dunia dari zona Concacaf. Sebelumnya lagi, Annese jadi juru taktik di KF Liria, klub kasta tertinggi Liga Kosovo.

Menariknya, pelatih berusia 36 tahun itu juga sempat menukangi PSIS Semarang sejak pekan kedua Liga 1 musim 2018 sampai pekan ke-20. Selama 19 kali mengarsiteki tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar, Annese meraih lima kali kemenangan, lima kali seri dan sembilan kali kekalahan.

Nama lain yang melamar adalah Manajemen dan direksi Arema FC belum terburu-buru menentukan pelatih kepala baru. Apalagi, Ruddy mengatakan waktu paling lama pelatih kepala baru datang adalah final Piala Menpora 2021 tanggal 25 April 2021 nanti. Di momen tersebut, izin Liga 1 keluar dan jadi pertanda Singo Edan harus langsung mempersiapkan diri menghadapi kompetisi.

Ruddy menjelaskan, jika memang Liga 1 dihelat pada Juni mendatang, maka pelatih kepala harus bisa segera beradaptasi. Setidaknya, pelatih kepala ini tidak perlu waktu lama untuk bisa segera mengenal luar dan dalam Arema FC. Selain itu, keputusan dari direksi juga besar untuk menentukan sosok yang akan menjadi pelatih kepala baru.

“Harapan kami, setelah Piala Menpora 2021 selesai atau sampai final, itu kan sekalian diumumkan izin kompetisi. Mudah-mudahan saat itu, maksimal Arema FC sudah ada pelatih,” papar Ruddy.(abr/ley)