Diet Sehat Tanpa Nasi, 7 Pilihan Hidangan ini Bisa Jadi Pengganti

8
Foto: Orang yang sedang diet cenderung menghindari mengkonsumsi nasi. Tak apa, terdapat sejumlah pilihan pengganti nasi untuk menjalani deit sehat. (Foto: Picjumbo/Viktor Hanacek)

Malang, NewMalangPos – Meski sedang diet, karbohidrat tetap dibutuhkan untuk tubuh, sebagai gizi primer dan sumber energi seseorang. Sederet makanan pengganti nasi bisa dimasukkan dalam daftar makanan harian Anda.

Makanan pengganti nasi putih untuk diet sehat tetap berkontribusi menurunkan berat badan secara efektif tanpa perlu melewatkan kandungan karbohidrat yang penting bagi tubuh. Berbagai manfaat kesehatan bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan pengganti nasi untuk diet berikut ini, termasuk nutrisi baik lainnya:

1. Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian yang baik dikonsumsi sebagai pengganti nasi saat sedang menjalankan diet sehat. Di dalamnya, terkandung kadar nutrisi tinggi seperti protein nabati, asam amino, asam omega 3, serta serat. Pada 100 gram Quinona kering mengandung 399 kcal energi, 69 gram karbohidrat, 6,3 gram lemak dan 16,5 gram protein. Kandungan protein pada quinoa lebih tinggi ketimbang beras.

Selain itu, di dalam quinoa juga terdapat juga zat phytonutrients sebagai anti-inflamasi untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh.

2. Nasi Shirataki

Alternatif nasi lainnya yang sehat untuk diet yaitu nasi shirataki, terbuat dari akar konjak dan kaya akan glukomanan (serat makanan alami yang larut dalam air).

Satu porsi beras shirataki seberat 85 gram hampir tidak memiliki kalori. Serat glukomanan dalam nasi shirataki juga baik melindungi dinding usus, jadi aman dikonsumsi bagi pelaku diet.

3. Kembang Kol

Selanjutnya, makanan diet pengganti nasi adalah kembang kol yang sudah dipotong-potong. Kembang kol adalah sumber vitamin C, serat, mangan, kalium, dan vitamin K yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Tekstur dan penampilan kembang kol yang dibumbui terlihat mirip dengan nasi, sehingga mudah bagi Anda untuk menyantapnya seperti halnya makan nasi, rasanya yang netral juga bisa mengganti peran nasi.

4. Brokoli

Brokoli termasuk salah satu makanan diet pengganti nasi yang sehat. Sayuran hijau yang satu ini mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, maupun antioksidan.

Selama masa diet, brokoli sangat baik dikonsumsi, baik dalam kondisi sudah dimasak maupun mentah. Cara mengolahnya cukup sederhana, parut brokoli, lalu masak dengan api sedang dengan sedikit minyak.

5. Kentang

Menu pengganti nasi bagi pelaku diet rendah kalori lainnya adalah kentang. Sering konsumsi kentang sebagai lauk selama menjalankan program diet memiliki kontribusi yang sama seperti makan nasi putih.

Kentang merupakan salah satu sayuran yang kaya karbohidrat. Selain itu, kentang juga mengandung pati resisten (pati yang tidak dapat tercerna), jadi akan membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat kentang, Anda bisa olah dengan cara dikukus atau direbus. Dari semua jenis sayuran, kentang memberi efek rasa kenyang lebih cepat.

6. Jagung

Konsumsi jagung membuat perut jadi tidak mudah lapar. Serat jagung dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga mengontrol nafsu makan.

Dalam 164 gram jagung, terkandung 41 gram karbohidrat dan 177 kalori. Jagung merupakan salah satu pilihan tepat untuk mengganti asupan karbohidrat nasi.

7. Ubi Jalar

Makanan pengganti nasi untuk diet lainnya adalah ubi jalar, makanan yang mengandung banyak serat, vitamin, magnesium dan mangan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung serta tulang.

Ubi menjadi sumber karbohidrat kompleks dengan kadar gula yang rendah. Selain itu jika dibandingkan nasi, ubi jalar memiliki lemak dan kalori lebih rendah.

Itulah daftar makanan sehat pengganti nasi untuk diet yang bisa dikonsumsi selama menjalankan program diet. Selamat mencoba! (din/fjr/cnni/mg3/ley/nmp)