Dies Natalis Ke-67 UM, Gelar Vaksinasi Bersama Polresta Malang

TINJAU: Kapolresta Malang Kota AKBP Bhudi Hermanto bersama Wakil Rektor 4 UM Prof Dr Ibrahim Bafadal M.Pd berkeliling meninjau proses vaksinasi. (FOTO: IAN-NMP)

MALANG, NewMalangPos – Program vaksinasi terus digencarkan salah satunya oleh perguruan tinggi di Kota Malang. Kali ini Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan vaksinasi Covid-19 bagi seribu sasaran dengan menggandeng Polresta Malang Kota, yang digelar di Gedung Graha Cakrawala, Kamis (12/8) lalu.

Pendaftaran untuk vaksin dilakukan secara online di website https://vaksin.um.ac.id. Masyarakat civitas akademika UM beserta keluarganya begitu antusias menyambut program ini. Termasuk warga sekitar kampus UM. Menurut data yang terhimpun, hanya sekitar satu jam saja saat pendaftaran dibuka kuota seribu dosis vaksin ludes.

Wakil Rektor IV UM Prof. Dr. Ibrahim Bafadal M.Pd mengatakan kegiatan vaksinasi merupakan rangkaian Dies Natalis ke-67 UM. Untuk vaksinasi dosis pertama ini UM mengakomodasi dosen, tenaga pendidik baik yang aktif maupun yang purna tugas.

Baca Juga :  Teknik Kimia ITN Malang, Ajarkan Edu-water Treatment, Atasi Limbah Batik

Kuota vaksin juga diberikan kepada keluarga mereka yang belum divaksin. “Termasuk prioritas kita adalah untuk mahasiswa. Karena seluruh warga UM harapannya sehat, tidak terkena Covid-19,” ucapnya kepada New Malang Pos disela vaksinasi.

Dengan sarana yang sangat memadai, proses vaksinasi berjalan lancar sesuai dengan protokol kesehatan. Peserta vaksin yang didominasi oleh mahasiswa ini telah diatur sedemikian rupa tanpa menimbulkan kerumunan. “Hanya sayang sekali sementara belum bisa melayani seluruh mahasiswa, karena mahasiswa berada di luar kota sehingga yang hari ini kita dari mahasiswa Kota Malang atau yang ada di Malang,” kata dia.

Baca Juga :  Internet Kendala PJJ, Guru Tak Bisa Kunjungi Semua Siswa

Prof Ibrahim menambahkan, UM masih terus berupaya untuk menambah kuota vaksinasi. Mengingat jumlah mahasiswanya yang mencapai ribuan.  “Nanti kedepan akan kita tingkatkan dari segi jumlahnya. Kami sudah ajukan juga ke Gubernur 6.700 tapi belum ada jawaban,” tambahnya.

Vaksinasi kali ini bekerjasama dengan Polresta Malang Kota untuk ketersediaan vaksinnya. Selain itu juga melibatkan puluhan vaksinator gabungan dari berbagai institusi, seperti dari Polresta Malang Kota, Detasemen Kesehatan Wilayah, Poliklinik UM, UB dan lain lainnya.

“Kami ingin membangun suatu kerjasama yang baik untuk penanganan Covid-19. Melalui kegiatan Dies Natalis yang ke-67 UM ini, kami ingin berkontribusi dengan mencoba membangun sebuah kolaborasi. Karena sebelum ini kami juga dibantu beberapa kali vaksin di Graha Cakrawala,” terang Kapolresta Malang Kota AKBP Bhudi Hermanto ketika meninjau vaksinasi.

Baca Juga :  Moura, Bagi Waktu Antara Belajar dan Misi Sosial

Buher sapaannya, juga mengapresiasi proses vaksinasi berjalan sangat lancar. Ia berharap kerjasama ini dapat terus ditingkatkan. “Kami mewakili jajaran, mengucapkan selamat ber Dies Natalis. Semoga dalam usia ke 67 ini UM bisa terus menciptakan ruang pendidikan dan karya yang bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya. (ian/imm)

artikel Pilihan