Dibuka Kembali, Anak-Anak Antusias Ikuti Taman Baca Sekar Arum

Anak-anak antusias dan aktif mengikuti kegiatan di Taman Baca Sekar Arum.(IST/NMP)


NEW MALANG POS- Setelah beberapa bulan vakum akibat melonjaknya kasus Covid-19 di Kota Malang pada pertengahan tahun lalu, akhirnya Taman Baca Sekar Arum yang berlokasi di Kantor Kelurahan Tunjungsekar kembali dibuka. Taman baca yang menjadi jujugan anak-anak di Kelurahan Tunjungsekar itu pun tampak langsung dipenuhi oleh anak-anak.

Penanggungjawab Taman Baca Sekar Arum, Eka Rafiatuz Dzakiyah pun mengaku bersyukur akhirnya taman baca yang punya koleksi lebih dari 100 buku itu bisa buka kembali. Dengan begitu, anak-anak sekitar bisa kembali menghabiskan waktunya untuk belajar dan mengembangkan karakternya.

“Memang taman baca ini dulunya berdiri karena kita melihat selama pandemi itu adik-adik tidak bisa pergi ke sekolah. Maka kita inisiasi supaya adik-adik itu bisa berinteraksi dan berteman itu tetap didapatkan,” ujar Eka, sapaannya kepada New Malang Pos.

Baca Juga :  Peduli Lindungi

Tidak sekadar membaca buku saja, lanjut Eka, juga ada kegiatan lain yang bisa menunjang perkembangan karakter anak. Yakni seperti adanya kelas kreatif, lalu ada eksperimen gunung meletus bahkan hingga masak-masak.

“Kita ada program One Day-One Book. Tidak hanya itu, kita juga mengajak anak-anak untuk bisa story telling. Story telling itu melatih supaya berani meceritakan ilmu yang didapatnya dari membaca buku dan juga melatih percaya dirinya,” jelas Eka.

Taman Baca Sekar Arum ini buka setiap Hari Minggu pukul 8 pagi. Minat baca anak-anak sekitar dikatakan Eka juga mulai terbangun dengan baik. Apalagi dengan upaya yang telah dilakukan yakni seperti taman baca keliling.

Baca Juga :  RISK EQUAL WITH LUCK

“Dulu yang datang hanya 4-5 anak, sekarang 30-an anak tergantung tempat. Kadang kita memang keliling pindah tempat, jadi kita kolaborasi di kafe, kadang lahan urban farming atau juga Balai RW.
Kita selalu bawa bukunya, kita bawa kontainer didalamnya ada buku-buku yang jadi favoritnya anak anak,” sebutnya.

Eka mengaku, dirinya punya rencana kedepan ingin membuat kelas minat bakat. Sehingga bagi anak yang punya bakat seperti menari atau bahkan bermusik, bisa diawadahi dalam kelas khusus. Namun karena masih jangka panjang, untuk saat ini ia meminta kepada anak anak agar terus mengembangkan wawasannya.

Baca Juga :  New Brand It's My Dream! New Malang Pos Ganti Nama Jadi Malang Posco Media

“Pesan untuk adik-adik, ayo kita lestarikan budaya membaca, karena dengan satu buku saja itu bisa membuka wawasan lebih luas. Lalu bagi masyarakat umum, mari dibudayakan, generasi muda biar juga diingatkan selalu rajin membaca dan menggunakan gadget dengan bijak,” tutupnya. (ian/jon/nmp)

artikel Pilihan