Dewan Minta Kajian Renbis Perumda Tugu Tirta

new malang pos
Bisnis Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang akan diperluas dengan lima bisnis barunya. (NMP-IPUNK)

Bakal Punya Lima Bisnis Baru

NewMalangPos, MALANG – Setelah berganti nama dari PDAM menjadi Perumda Air Mium Tugu Tirta Kota Malang, perusahaan milik Pemkot Malang itu akan melebarkan sayap bisnisnya.

Tidak hanya melayani air minum, tapi juga akan melakukan pengembangan pada lima bisnis barunya.

Penambahan bisnis itulah yang tengah diajukan Pemkot Malang kepada DPRD Kota Malang dengan melakukan perubahan Perda No 11 Tahun 2019 tentang Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang.  Wali Kota Malang Drs H Sutiaji mengatakan, salah satu bisnis baru akan dikelola Perumda Air Minum Tugu Tirta antara lain penyedotan air limbah tinja, penyediaan sarana prasarana pengelolaan air dan lainnya.

Baca Juga :  Program Sahabat UMI, ACT Malang Santuni Para Perempuan Tulang Punggung Keluarga

“Memang ada rencana bisnis (Renbis) yang bisa menjadi tambahan pemasukan bagi Perumda Tugu Tirta. Termasuk nantinya manajemen IT yang salah satunya bisa jadi unit usaha. Intinya nanti bukan hanya mengelola berkaitan dengan air bersih  saja tapi ada unit-unit usaha lainnya,” tegas Sutiaji.

Terhadap usulan ini DPRD Kota Malang memberi beberapa catatan untuk pengembangan usaha Perumda Tugu Tirta ini. Khususnya apakah sudah ada kajian khusus terhadap objek bisnis yang akan dikelola.

Salah satunya disampakan anggota Fraksi Golkar Nasdem PSI, Suyadi dalam penyampaian pemandangan fraksi dalam rapat paripurna Senin (15/3) kemarin.

Baca Juga :  20 Tahanan Polresta Divaksinasi

“Kajian potensi usaha dari Renbis ini apa saja? Apa yang bisa jadi tolak ukur. Apa yang akan dikembangkan dari bisnis tersebut. Kami mohon ada kajian tersebut dan bisa dipaparkan juga,” tegas Suyadi.

Hal yang sama juga disampaikan Anggota Fraksi Demokrat, PAN, Perindo (Damai), Indah Nurdiana. Fraksi Damai  menekankan pada upaya peningkatan pelayanan publik yang diampu Perumda Tugu Tirta Kota Malang yang selama ini masih banyak dikeluhkan.

Anggota Komisi B DPRD Kota Malang ini mengatakan sebelum mengembangkan bisnis-bisnis baru Perumda Tugu Tirta harus terlebih dahulu mengatasi masalah krusial yang dihadapi Perumda Tugu Tirta sejak lama hingga saat ini.

Baca Juga :  BMKG Sudah Peringatkan Cuaca Kota Malang Ekstrim

“Terakhir saja air bersih tercampur solar. Bagaimana nanti ke depan pelayan publik juga meningkat sambil bisnis baru juga bisa jalan. Kami minta penjelasannya,” tegas Indah. (ica/aim)