Demi Pangeran Harry, Keluarga Kerajaan Dilarang Berpakaian Militer Saat Pemakaman Pangeran Philip

3
Foto: Getty Images/WPA Pool

Jakarta, NewMalangPos – Pemakaman Pangeran Phillip akan diadakan pada akhir pekan ini, Sabtu (17/4). Namun, ada hal yang berbeda dari pemakaman mendiang suami ratu Elizabeth itu. Ratu Elizabeth melarang putra, dan cucu-cucunya mengenakan pakaian militer demi Pangeran Harry.

Melansir dari Wollipop, Sabtu (14/4), Menurut peraturan kerajaan Inggris, anggota keluarga kerajaan biasanya mengenakan seragam militer untuk menghadiri acara resmi, termasuk pemakaman.

Seperti dikutip dari The Sun, langkah yang diambil Ratu Elizabeth tersebut dipandang sebagai bentuk untuk menyelamatkan cucunya Pangeran Harry dari penghinaan karena menjadi satu-satunya bangsawan senior yang mengenakan jas. Pangeran Harry sudah tidak bisa lagi menggunakan pakaian militer setelah ia keluar dari anggota keluarga kerajaan Inggris.

Selain memikirkan Pangeran Harry, Ratu Elizabeth juga melindungi putranya Pangeran Andrew. Jika Pangeran Andrew menggunakan seragam Angkatan Laut maka akan menjadi kontroversi karena dia telah mundur perlahan dari kehidupan kerajaan setelah kedekatannya dengan pedofil Jeffrey Epstein.

“Ini adalah solusi paling cerdik untuk masalah ini,” ujar sumber militer.

Pangeran Harry bertugas dalam dua tur ke Afghanistan bersama The Blues dan Royals selama karier militernya. Setelah Harry berhenti dari tugas kerajaan dengan istrinya Meghan Markle, Ratu kemudian menghapus tiga gelar militernya yang berarti dia hanya bisa mengenakan jas dengan medali di acara kerajaan.

Pangeran Andrew akan dipromosikan menjadi Laksamana dari Wakil Laksamana pada tahun 2020 untuk menandai ulang tahunnya yang ke-60 tetapi memilih untuk menunda promosi. Pangeran Andrew banyak dikritik karena persahabatannya dengan pedofil Jeffrey Epstein yang bunuh diri di penjara New York saat menunggu persidangan atas tuduhan perdagangan seks pada 2019. (kik/wlp/mg3/ley/nmp)