Dari Guyonan Jadilah Manfaat

Nixon Farrel

AWALNYA bikin konten guyonan seputar Malang. Ternyata menyenangkan lalu ia serius. Kini melalui konten di Tik Tok, Nixon Farrel tak sekadar menghasilkan uang. Tapi bisa membantu mempromosikan kedai kopi.

Bantu Kedai Kopi 

MALANG, NewMalangPos – Nixon Farrel mendulang sukses berkat media sosial, Tik Tok. Awalnya ia menganggap Tik Tok tak ubahnya seperti media sosial lainnya. Namun setelah mencoba buat konten pada awal Covid-19 ternyata video tersebut cukup banyak peminatnya dan dilihat ribuan orang.

Nixon pun mempelajari lebih dalam mengenai Tik Tok. Termasuk bagaimana caranya membuat video yang tidak hanya sekadar joget melainkan video yang memiliki segmentasi jelas. Setelah membaca banyak referensi ia pun menyimpulkan bahwa Tik Tok dapat menjadi video distribution yang baik.

Baca Juga :  Khofifah Tinjau Gempa dan Bagikan Bantuan di Kecamatan Dampit, Berlanjut ke Ampelgading

“Dari situ aku mulai membuat konten tentang guyonan yang ada di Malang dan ternyata konten yang aku buat itu relate dengan orang-orang Malang. Akhirnya selama empat bulan itu aku full buat konten komedi dan seputar Malang,” ungkap Nixon.

Empat bulan pertama Nixon fokus membuat konten yang mewakili perasaan anak-anak muda Malang. Setelah empat bulan berkutat tentang Malang, ia kemudian berinisiatif membuat konten tentang kedai kopi. Tujuannya meramaikan kedai tempatnya bekerja sebagai event management.

Ia pun pertama kalinya mengulas kedai kopi Konpanna Kaffe, meskipun baru awal insight yang didapat cukup tinggi mencapai 20 ribu viewers. Banyaknya yang melihat konten buatannya, mahasiswa UMM ini pun berniat membantu salah satu kedai kopi di Pakis yang saat itu masih sepi pengunjung.

Baca Juga :  Korsleting Listrik, Si Jago Merah Lahap Rumah Warga Pakisaji

“Aku datang ke sana jam 15.00 kemudian aku buatkan konten karena memang lokasinya bagus banget. Pulang jam 18.00 langsung edit dan pukul 19.00 upload, pas paginya viewers nya sudah mencapai 200 ribu orang, dari situ akhirnya aku terbranding sebagai coffee reviewer,” urainya.

Dari hal yang tidak disengaja itulah ia kemudian banyak dikenal bahkan followersnya lebih dari 50 ribu orang. Endorsement dari berbagai brand pun terus berdatangan hingga kini.

Seiring terus bertambahnya jumlah follower, Nixon pun akhirnya banyak mendapat tawaran endorsement dari berbagai brand baik lokal maupun nasional. Ia berkesempatan diajak kerja sama dengan brand nasional berkat kontennya yang masuk ke beranda para Agency. Tak berselang lama dia dihubungi untuk diajak kerja sama oleh Tokopedia, brand ini sekaligus menjadi brand nasional pertama yang mengajak kerja sama.

Baca Juga :  Misi Patahkan Mitos Manahan

“Sebelum PPKM setiap harinya ada tawaran endorsement, meskipun sekarang sedikit berkurang tetapi endorsement tetap berdatangan,” kata dia.  Sejak Agustus 2020 hingga kini telah lebih dari 140 brand baik brand lokal maupun nasional di antaranya Gojek, Tokopedia, Telkomsel, Kapal Api, MS Glow dan Scarlett. Sekali endorse paling tinggi ia mendapatkan fee di kisaran Rp 1 juta.

Pilihan Pembaca