Dampak Larangan Mudik, Beberapa Maskapai di Bandara Juanda Batalkan Penerbangan

Penumpang di Bandara Juanda (Foto: Istimewa/Detik News)

SIDOARJO, NewMalangPos – Penerbangan di Bandara Juanda mengalami dampak pemberlakuan larangan mudik. Memasuki hari ketiga penegakan aturan tersebut, suasana di bandara tampak sepi pada Sabtu (8/5/2021) pagi.

Dikutip dari iNews, Sabtu (8/5), sejumlah maskapai memilih membatalkan penerbangan. Pasalnya, di dalam beberapa pesawat yang berangkat, hanya mengangkut 2 hingga 5 penumpang khusus yang diizinkan terbang sesuai dengan aturan pemerintah.

Pantauan di lokasi, bandara yang biasanya ramai saat akhir pekan ini terlihat sepi. Hanya terdapat sejumlah calon penumpang khusus yang menunggu jam keberangkatan pesawat. Mereka yakni yang memiliki dokumen perjalanan sesuai ketentuan pemerintah, seperti surat tugas dari perusahaan serta surat sehat bebas Covid-19 melalui hasil rapid test antigen atau swab.

Baca Juga :  Petugas Gabungan Amankan Puluhan Motor dan 44 Remaja Siap Balap Liar di Tuban

Dari sejumlah rute jadwal, hanya penerbangan tujuan Jakarta saja yang masih dibuka. Sementara rute penerbangan lain belum ada karena maskapai batal terbang akibat minimnya calon penumpang.

“Saya mau pulang ke Jakarta abis kerja di Surabaya,” ujar Indah, salah satu calon penumpang pesawat di Bandara Juanda, Sabtu (8/5/2021).

Senada juga disampaikan Anton, calon penumpang pesawat lainnya.

“Saya mau ke Jakarta, mau ke Jakarta. Saya bawa surat tugas dari perusahaan,” katanya.

Sementara itu, meski banyak maskapai yang membatalkan penerbangan saat aturan larangan mudik, namun operasional Bandara Juanda Surabaya tetap dibuka. Angkasa Pura 1 Surabaya membuka operasional bandara mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. (Pr/inews/mg1/ggs/nmp)

Baca Juga :  Update Kerusakan Gempa M 5,9 di Blitar, 112 Bangunan Rusak-1 Orang Terluka