Cuaca Ekstrem Suhu Minimum Capai 19,5 Derajat

25
Ilustrasi. Selama periode peralihan musim, ada beberapa fenomena cuaca ekstrem yang harus diwaspadai. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)

NewMalangPos, MALANG – Cuaca di Malang Raya beberapa hari ini terasa lebih dingin saat pagi hari. Kabut sempat turun saat dini hari.

Cuaca dingin akan dirasakan beberapa hari ke depan. Bahkan, kemarin suhunya sempat berada di angka 16 derajat celcius.

Kepala Sub Bagian Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Karangploso, Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Malang, Anung Suprayitno menjelaskan, suhu dingin di musim kemarau sudah lumrah terjadi setiap tahun. Ia membantah suhu yang diperkirakan tidak sesuai dengan hasil pengamatan BMKG.

“Suhu minimum yang tercatat di kami 19,5 derajat celcius,” sebutnya, Jumat (12/3) ketika dikonfirmasi.

Anung mengatakan, suhu minimum yang tercatat dinilai masih dalam kondisi normal. Ia menerangkan, suhu terendah diperkirakan terjadi Juli dan Agustus mendatang.

“Saat ini suhu masih dalam taraf normal untuk kisaran suhu minimum, nanti di bulan Juli sampai Agustus akan lebih minim,” terangnya.

Ia menambahkan, jika puncak suhu minimal bisa mencapai 14 derajat celcius pada bulan-bulan tersebut.

Ia mencontohkan, saat masanya, suhu terdingin pernah mencapai 11 derajat celsius di tahun 1994. “Memang kami tidak menginformasikan ke masyarakat karena memang tidak ada anomali suhu,” tambahnya.(dj6/aim)