COVID Terus Melonjak, New Delhi Perpanjang Lockdown!

3
New Delhi kembali lanjutkan lockdown usai kasus capai 400 ribu (Foto: AP Photo/Altaf Qadri)

New Delhi, NewMalangPos – Pemerintah daerah Ibu kota India, New Delhi, memutuskan melanjutkan lockdown satu minggu ke depan. Hal itu dilakukan usai kasus COVID India mencapai lebih dari 400.000 ribu kasus.

“Lockdown di Delhi diperpanjang satu minggu,” kata Kepala Menteri New Delhi Arvind Kejriwal dalam unggahan media sosial Twitter seperti dilansir AFP, Minggu (2/5).

Diketahui lockdown terakhir rencananya akan diakhiri pada hari Senin mendatang, namun jumlah kasus masih meningkat pesat di kota berpenduduk 20 juta orang itu.

Melansir Detik News, Minggu (2/5), menurut Data Kementerian Kesehatan India yang dirilis pada hari Sabtu (1/5), New Delhi mencatat kasus harian baru 27.000 dan 375 kematian. Namun para ahli memperkirakan angka kasus sebenarnya jauh lebih tinggi.

Sementara itu, total kasus COVID India mencapai 401.993 kasus baru. India saat ini menjadi negara kedua dengan kasus Corona terbanyak di dunia, tepat di bawah Amerika Serikat (AS).

Banyak rumah sakit di ibukota kewalahan hingga kekurangan tempat tidur, obat-obatan dan oksigen. Bahkan banyak warga New Delhi meninggal dunia tanpa perawatan rumah sakit.

Lebih lanjut, banyak pemakaman di New Delhi penuh, sementara banyak krematorium beroperasi sepanjang waktu bahkan sejumlah tempat pembuangan sampah dan lahan parkir disulap untuk melaksanakan kremasi. (izt/gbr/dtk/ley/nmp)