Ciptakan Lingkungan Sehat dan Bersih DLH Ajukan Program IPAL Domestik

IPAL: IPAL domestik di Dusun Macari, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu mampu menampung 50 limbah cair rumah tangga.(NMP/MUHAMMAD FIRMAN)

KOTA BATU, NewMalangPos – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu programkan pembangunan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) domestik di lingkungan pada penduduk. Program tersebut mencontoh program milik KLHK yang telah diresmikan awal bulan lalu di lingkungan padat penduduk Dusun Macari, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Kepala DLH Kota Batu, Aries Setiawan mengatakan bahwa program tersebut bakal diajukan dalam PAK Kota Batu tahun 2021. Menurutnya IPAL domestik mampu mengolah air limbah domestik agar tidak mencemari lingkungan. Utamanya akibat dibuang di sungai.

Baca Juga :  Dari Pesantren Bungkuk, Islam Berkembang ke Malang

“IPAL domestik yang telah dibangun oleh KLHK sebelumnya mampi mengolah air limbah domestik agar tidak mencemari lingkungan. Ini akan kami terapkan seluruh desa/kelurahan di Kota Batu, khususnya di lingkungan padat penduduk,” ujar Aries kepada New Malang Pos, Kamis (18/3) siang.

Lebih lanjut, program tersebut Sebagai wujud intervensi pemerintah daerah sesuai UU bahwa semua warga mempunyai hak untuk mendapatkan lingkungan sehat dan bersih. Melalui IPAL domestik ini diharapnya masyarakat mendapatkan lingkungan yang yang bersih. (eri/ggs)