Cegah Covid, Berdayakan Sistem Imun Tubuh dengan Pro EM.1

IMUN: Apt Ge Recta Geson, S.Si. menjelaskan manfaat Pro EM.1 untuk menyeimbangkan sistem imun, Selasa (8/6) kemarin.

MALANG, NewMalangPos – Covid-19 kini sudah dinyatakan WHO (World Health Organization) airborne, penyebarannya melalui udara. Virus corona termasuk kelompok virus RNA yang mudah sekali berubah, mutannya bersifat contagious dan lebih mudah menyebar.

“Meskipun kita sudah berusaha mematuhi protokol kesehatan, mungkin suatu saat kita akan terpapar. Ya kalaupun terpapar, kita akan terpapar dalam jumlah yang sedikit atau viral load rendah,” ungkap Direktur Utama PT Agro Mitra Alimentare (AMA), Apt Ge Recta Geson, S.Si.

Keterangan Dirut PT AMA yang memproduksi suplemen kesehatan Pro EM.1 ini disampaikan dalam bincang santai bersama pimpinan media di Taman Indie River View, Araya, Selasa (8/6) kemarin.  Kebetulan Ge Recta Geson baru saja dari Amerika selama dua minggu, 6-19 Mei 2021 dalam rangka mencermati pencegahan penularan Covid.

Baca Juga :  Atria Hotel Malang, Bento Box hingga Baked Menu Digemari

“Jadi apa yang harus kita lakukan sebelum kita terpapar virus corona, pertama memperkuat imunitas tubuh dengan makan makanan yang bergizi seimbang, cukup istirahat atau tidur dan olahraga teratur. Kedua, berdayakan sistem imun tubuh, yaitu sistem imun yang memiliki respon seimbang antara respon proinflamasi dan respon antiinflamasi,” jelasnya.

“Tuhan mengkaruniakan manusia sistem pertahanan tubuh yang lebih hebat daripada pertahanan militer terbaik negara manapun. Sayangnya sistem pertahanan ini dininabobokan dengan pemakaian antibiotik dan antivirus yang tidak rasional. Pertahanan tubuh coba digantikan dengan oleh antibiotik dan antivirus yang justru merusak sistem imun,” lanjut pria yang akrab disapa Recta ini.

Baca Juga :  Kontena Hotel, SUGUS dan GEMAS Meriahkan Agustus

Menurutnya, memberdayakan sistem pertahanan tubuh sama dengan membangun sistem imun dengan respon yang seimbang antara respon proinflamasi danantiinflamasi. Hal ini dijelaskan Recta bisa menghindarkan diri dari penyakit infeksi termasuk Covid-19, penyakit degeneratif dan penyakit lifestyle.

Penyakit infeksi maupun penyakit kronis sejatinya terjadi karena ketidakseimbangan respon imun. Sementara cirri terbangunnya sistem imun dengan respon seimbang, adalah terbangunnya mikrobiota usus. Mikrobiota adalah komunitas ekologis mikroba yang terdiri dari bakteri, usus, jamur, archea beserta materi genetiknya yang memberi manfaat kesehatan inangnya.

Mikrobiota menstimulasi produksi sel imun dalam jaringan limphoid usus, sehingga usus dikatakan organ imun terbesar dalam tubuh. 80% sel imun dan 60% immunoglobulin diproduksi dalam usus. Mikrobiota meregulasi atau memodulasi respon imun supaya seimbang.

Baca Juga :  Ditunda! Tarif Tarik Tunai Antarbank Himbara

“Bagaimana membangun mikrobiota yang sehat, pertama makan makanan fermentasi seperti yogurt, tempe, tape, kimchi dan lainnya.  Kedua suplementasi multi strain probiotik yang hidup dan aktif dengan kepadatan tinggi seperti PRO EM1. Ketiga konsumsi prebiotik, yaitu serat yang terdapat dalam sayur dan buah-buahan, tidak dapat dicerna oleh enzim tubuh kita sendiri tapi merupakan makanan probiotik dalam usus,” jelas Recta.

“Khusus PRO EM1 adalah pembangun mikrobiota yang sehat yaitu mikrobiota yang beragam dan seimbang, terdiri dari minimal 80% probiotik. Respon imun yang seimbang antara proinflamasi dan antiinflamasi ini bisa menjadi baik profilaksis atau pencegahan, maupun terapi  penyembuhan berbagai macam penyakit termasuk Covid-19,” pungkasnya. (bua)

artikel Pilihan