Calon Direktur BWR Harus Inovatif

2
tes
Lima calon direktur BWR Kota Batu mendengarkan arahan Wakil Walikota Batu saat mengikuti tes psikologis di Lt. 2 Balaikota Among Tani, Kota Batu, Rabu (14/4) siang. (NMP/MUHAMMAD FIRMAN)

KOTA BATU, NewMalangPos – Pemerintah Kota Batu melalui Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) Batu menggelar psikotes terhadap lima orang calon direktur PT Batu Wisata Resource (BWR) di Lt. 2 Balaikota Among Tani, Kota Batu, Rabu (14/4) siang. Sebelum memulai kegiatan Wakil Wali Kota Batu Ir. Punjul Santoso M.M memberikan motivasi bagi para calon direktur perusahaan plat merah tersebut.

Ia meminta agar nantinya siapa saja yang menjadi direktur bisa memiliki inovasi agar perusahaan plat merah menjadi tumpuan Pemkot Batu dalam hal peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“BWR sebagai perusahaan plat merah kami harap nanti bisa bersaing, kuat dan jadi tumpuan Pemkot Batu dalam peningkatan PAD selain Perumdam. Karena itu dibutuhkan calon direktur yang inovatif,” ujar Punjul dalam sambutannya siang ini.

Ia mencontohkan inovasi yang bisa dilaksanakan oleh para peserta bisa mengembangkan usaha servis mobil yang dimiliki lebih profesional. Dengan begitu mobil plat merah di Pemkot Batu bisa diservis di tempat tersebut.

“Ditotal saja berapa mobil plat merah milik Pemkot. Dengan adanya bengkel yang bisa memperbaiki mobil milik Pemkot sudah bisa dihitung berapa pendapatan yang masuk. Belum lagi bisa kerja sama dengan Perumdam ke depan untuk memproduksi air minum dalam kemasan kemudian dipasarkan ke hotel dan tempat usaha di Kota Batu,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bagian Ekonomi dan SDA Batu Santi Restuningsasi menambahkan bahwa proses yang digelar adalah psikotes. Ini merupakan tes tahap pertama setelah sebelumnya lolos seleksi administrasi.

Selanjutnya tahap berikutnya dengan tes wawancara dan kompetensi yang akan dilaksanakan Rabu (15/4) besok. Untuk tes wawancara dan uji kompetensi akan dilakukan oleh tim yang terdiri atas akademisi, birokrasi dan akuntan publik.

“Setelah menjalani tes tahap kedua, nanti panitia akan memilih tiga orang yang lolos dari nilai tertinggi dari enam indikator. Meliputi pengalaman, keahlian, integritas dan moral, kepemimpinan, pemahaman atas penyelenggaraan pemerintah daerah serta memiliki kemauan yang kuat dan dedikasi tinggi,” kata alumnus SMPN 8 Kota Malang ini.

Terakhir, tiga peserta lolos akan menjalani wawancara langsung dengan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko pada 19 hingga 20 April 2021. Kemudian satu terbaik ada satu orang terpilih yang menjadi direktur PT BWR. Lima calon tersebut adalah Nur Indriwati, Kusbiantoro, Mohammad Reza Januar, Daud Arifin dan I Made Jaka Wiguna. (eri/jon)