BPBD Salurkan Bantuan Korban Longsor

9
TERSERET LONGSOR : Waginem dengan bagian dapur rumahnya yang hancur terseret longsor Jumat, (19/3) sore.( NMP - M. MANSYUR ADNAN SYURURI)

MALANG, NewMalangPos – Longsor akibat hujan deras kembali terjadi di Kota Malang, tepatnya di Jalan Kolonel Sugiono RT 15 RW 03 Kelurahan Mergosono Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Jumat, (19/3). BPBD Kota Malang langsung bertindak cepat dan pada Sabtu, (20/3) menyalurkan bantuan untuk korban terdampak.

Kejadian itu turut menghancurkan setengah rumah milik Waginem, 67 yang tinggal sendirian di rumah tersebut. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16.00.

Saat itu Waginem kebetulan sedang berada di rumah anaknya yang berada sekitar 50 meter dari rumahnya. Saat itu kondisi hujan deras dan tiba-tiba melihat rumahnya telah digenangi air.

“Saya tahunya air itu menggenang di dalam rumah saya, waktu dilihat dapur sama kamar sudah habis (terseret longsor),” ungkapnya.

Mengetahui hal tersebut, sang anak langsung mengevakuasi ibunya yang punya riwayat struk, untuk tinggal di rumahnya. Ia pun bersama dengan bantuan warga setempat, memindahkan barang-barang  milik Waginem ke rumahnya.

“Barang-barang saya langsung dipindahkan sama anak saya ke rumahnya,” lanjutnya.

Kejadian ini adalah kali kedua menimpa rumah Waginem. Sebelumnya kamar mandi miliknya hancur terseret longsor pada tahun 2018 silam.

Saat itu ia bersama keluarganya hendak mengadakan doa bersama untuk mendiang suaminya yang barusan meninggal. Sedangkan kejadian kedua terjadi saat hendak melaksanakan doa bersama untuk mengenang seribu hari sang suami.

Ia kini pasrah dengan rumah yang penuh kenangan tersebut, lantaran separoh rumahnya sudah habis tergerus longsor. Hal itu tentu menjadi peringatan untuk Waginem, agar tidak kembali menempati rumahnya tersebut.

Pihak BPBD langsung bertindak cepat dengan melakukan asesmen di area longsor. BPBD juga sudah memasang garis pembatas agar tidak dilewati oleh masyarakat karena bagunan masih berdiri di tanah yang rawan.

Penelaah Bahan Bencana Alam dan Logistik BPBD Kota Malang Cornellia Selvyana Ayoe menyampaikan untuk kemarin pihaknya telah menyalurkan bantuan kepada korban. Bantuan yang disalurkan sifatnya adalah kebutuhan primer, sedangkan untuk kebutuhan perbaikan pihaknya menyampaikan bahwa harus koordinasi dengan dinas terkait.

“Bantuan sudah kami salurkan ada satu paket sembako, satu paket lauk-pauk, satu paket family kit dan satu terpal, untuk tindakan lain kami koordinasi dengan lembaga terkait,” ujarnya.

Kejadian ini merupakan rentetan dampak dari curah hujan tinggi yang mengguyur Kota Malang dalam satu minggu terakhir. Tingginya curah hujan yang disertai angin menyebabkan banyak tanah menjadi lebih gembur dan rawan, serta pohon-pohon yang sudah lapuk dan tidak kuat rentan untuk tumbang. (rex/jon)