Terdampak Gempa, BPBD Kirim Bantuan ke Lapas Lowokwaru

bantuan BPBD

MALANG, NewMalangPos – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang menyerahkan bantuan kedaruratan ke Lapas Kelas IA Malang. Karena ada bangunan lapas yang retak dampak dari gempa yang terjadi beberapa waktu lalu.

Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Subbagian Penyusunan Program Sekretariat BPBD Kota Malang, Cornellia Selvyana Ayoe S.E., M.M, menuturkan, kerusakan ini diketahui pada Sabtu, (24/4) lalu. Pihaknya juga telah melakukan asesmen terhadap kertakan yang berada di dinding tembok pesantren Lapas Lowokwaru.

Keretakan diketahui berada di sepanjang tiang penyangga yang menyatu dengan tembok bangunan. Keretakan tersebut cukup panjang sekitar lebih dari lima meter, sedangkan untuk lebar retakan sekitar satu sentimeter.

Baca Juga :  Tujuh Pendaftar Dewan Pendidikan Gugur

“Hari ini (kemarin, red) kami sudah serahkan bantuan kedaruratan untuk memberikan penanganan awal terhadap kerusakan yang dialami oleh Lapas Lowokwaru,” ujarnya kepada New Malang Pos, Senin, (26/4).

BPBD Kota Malang menyerahkan satu pickup pasir dan lima sak semen. Bantuan tersebut didasarkan pada hasil asesmen dan koordinasi dengan pihak Lapas Lowokwaru. Pihaknya akan memantau terkait penggunaan bantuan tersebut untuk perbaikan yang terjadi pada bangunan Lapas Lowokwaru. Pihaknya juga sudah mencoba untuk mengecek beberapa bagian di Lapas Lowokwaru untuk memastikan kerusakan dan lokasi rawan terdampak gempa bumi.

Baca Juga :  Peringati HPN Wakil Walikota Malang Makan Siang Bersama di "Rumah Kita"

“Kami sudah lakukan asesmen di Lapas Lowokwaru terkait kerusakan yang terdapat di sana, dan kami sudah melaporkan kerusakan tersebut,” lanjutnya.

Kerusakan yang dialami Lapas Lowokwaru ini menjadi perhatian lantaran bangunan tersebut adalah bangunan penting, yang menampung ratusan warga binaan. Pihaknya juga menyerahkan bantuan semaksimal mungkin untuk bisa segera membantu menuntaskan kerusakan yang ada.

Pihaknya memang belum bisa memastikan jumlah kerugian yang terjadi atas kerusakan tersebut. Akan tetapi pihaknya sudah memastikan bahwa bantuan yang diberikan bisa membantu perbaikan bangunan.

Baca Juga :  2021 Target Sertifikasi Aset Rampung

“Harapannya agar bisa segera tertangani kerusakannya dan bantuan tersebut cukup untuk memperbaiki kerusakan yang ada,” pungkasnya. (rex/aim)