BNI Cabang Malang Gandeng Komunitas Stasion Bantu Keuangan Startup

150
new malang pos
Kerjasam BNI dan Digi Kreatif . (Ruri/NMP)

NewMalangPos, MALANG – Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Malang terus menguatkan sinerginya dengan para pelaku UMKM dan industri kreatif Malang. Jalinan kerja sama terus dikembangkan, termasuk menggandeng Komunitas Stasion yang ditandai dengan penandatanganan MoU penguatan industri digital kreatif, Senin (22/2) di Dilo Malang.

Kerja sama yang telah diinisiasi empat tahun terakhir tersebut, bakal memberikan kemudahan dan keuntungan bagi kedua belah pihak. Para startup yang tergabung dalam Komunitas Stasion dapat mengajukan pembiayaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Pemimpin BNI Cabang Malang Dony Rachmat Widodo mengatakan, kerja sama dengan Komunitas Stasion Malang ditujukan agar saling bersinergi. Sekaligus membantu para startup dari segi keuangan.

“Kami yakin para startup ini dari sisi menciptakan sesuatu dalam bidang teknologi sudah canggih. Tetapi dari sisi keuangan masih lemah. Kami membantu di sisi keuangannya, arahnya nanti bisa memfasilitasi pembiayaan bagi startup,” ujar Dony.

Namun, kerja sama pada tahap awal ini difokuskan pada support keanggotaan dalam bentuk kartu anggota yang kekinian, dapat dijadikan uang elektronik dan alat pembayaran seperti di tol, parkir dan sebagainya. Kemudian, tahap berikutnya mengarah ke pembiayaan maupun kerja sama lain seperti menjembatani kebutuhan nasabah dengan produk startup.

Ditegaskannya, bagi startup di Komunitas Stasion yang membutuhkan pembiayaan dapat mengajukan ke BNI Cabang Malang. Tentunya dengan serangkaian seleksi kelayakan bisnis dan prosedur lainnya.

“Kerja sama dengan pelaku startup bukan yang pertama. Sekarang kami fokuskan di komunitas ini. Harapannya nanti ada sinergi yang saling menguatkan dan membutuhkan,” terang dia.

Sementara itu, Ketua Komunitas Stasion Malang M Ziaelfikar Albaba berharap kolaborasi ini mampu memberikan suntikan semangat dan dampak positif bagi perkembangan startup di Kota Malang.

“Kami sepakat bahwa kerja sama ini tidak boleh berhenti sampai di sini. Ada banyak hal yang bisa dikolaborasikan. Kolaborasi yang tidak hanya bagus dan keren, tetapi juga memberikan manfaat bagi para startup, komunitas dan masyarakat luas,” kata Fikar, sapaan akrabnya.

Sebelumnya, BNI Cabang Malang telah memfasilitasi pembukaan rekening BNI para anggota Komunitas Stasion Malang. Selanjutnya, kegiatan kolaborasi keduanya bisa dalam berbagai bentuk, seperti literasi keuangan maupun program inkubasi.

“Semoga dengan kolaborasi ini dapat memperluas jaringan marketing produk startup Kota Malang. Dan mungkin juga dapat menjadi bagian dari sumber daya BNI Cabang Malang dalam kegiatan joint development sistem,” tutupnya.

Stasion atau Komunitas Startup Singoedan Malang adalah komunitas yang menaungi 163 startup di Malang baik skala kecil maupun besar. Stasion mempunyai visi mencetak startup berkualitas internasional. (lin/ley)