BMKG Tanjung Perak Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Jatim

8
Ilustrasi (Foto file: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI/Detikcom)

Surabaya, NewMalangPos – BMKG Maritim Tanjung Perak mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di wilayah perairan Jawa Timur.

Gelombang tinggi hingga 4 meter diperkirakan terjadi di beberapa wilayah perairan Jatim.

“Ada sejumlah wilayah perairan di Jatim, di mana gelombang bisa mencapai 4 meter. 4 Meter ini termasuk kategori tinggi,” ujar Taufiq Hermawan, Kepala BMKG Maritim Kelas II Tanjung Perak saat dikonfirmasi, seperti dilansir Detik News, Minggu (21/3).

Menurut Taufiq, wilayah perairan di Jatim yang berpotensi gelombang setinggi 4 meter yakni di perairan selatan Jatim. Kemudian di Samudra Hindia selatan Jatim. Di wilayah tersebut, gelombang tinggi diperkirakan sekitar 2,5 meter hingga 4 meter.

“Hal ini disebabkan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari utara-timur laut dengan kecepatan angin berkisar 4-5 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 4 hingga 25 knot. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Taufiq, ada beberapa wilayah perairan di Jatim yang berpotensi gelombang tinggi hingga 2,5 meter. Yakni Laut Jawa selatan Bawean, Laut Jawa barat Masalembo, Perairan utara Jawa Timur, dan Perairan Kepulauan Kangean.

Pihaknya mengimbau untuk aktivitas pelayaran dan nelayan di sekitar wilayah perairan tersebut untuk berhati-hati. (fat/dtk/ley/nmp)