BRI Kanwil Malang Salurkan CSR di Tiga Titik

Ipunk Purwanto/NewMalangPos

NewMalangPos, MALANG – BRI Kanwil Malang kembali menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terbagi ke dalam tiga titik, Rabu (10/2) kemarin. Yakni untuk pembangunan gapura SMAN 2 Malang dengan nilai CSR sebesar Rp 149,7 juta, pembangunan Balai Pertemuan dan Pos Kamling RW 7 Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Klojen senilai Rp 223,65 juta serta bantuan usaha produktif pedagang kaki lima (PKL) sebanyak 25 gerobak dengan nilai Rp 156 juta.

CSR yang diberikan kepada masyarakat Malang merupakan wujud kebersamaan BRI Kanwil Malang hadir di tengah-tengah masyarakat. Program ini sekaligus bentuk sinergi dengan semua pihak mulai stakeholder, pemerintah dan masyarakat.

“Kami sangat komitmen dalam mendampingi masyarakat. Tidak banyak perusahaan atau industri perbankan yang kemudian bisa dalam akses mendampingi masyarakat di situasi pandemi Covid-19 ini. Sedangkan BRI sangat komitmen,” ujar Pemimpin Wilayah BRI Malang Prasetya Sayekti usai penyerahan CSR secara simbolis di SMAN 2 Malang.

Dilanjutkannya, selain memberikan bantuan dalam bentuk CSR, BRI juga berupaya membantu nasabah mikro dan kecil dalam menyediakan fasilitas berupa pinjaman di situasi pandemi Covid-19. Sepanjang tahun 2020 total pinjaman yang telah disalurkan BRI Kanwil Malang mencapai Rp 32,5 triliun dengan jumlah penerima lebih 99 ribu.

Beragam program yang digelontorkan BRI Kanwil Malang sekaligus menjadi bukti komitmen kehadirannya di segala kondisi. Di tahun 2020 ini pinjaman tumbuh sebesar 17 persen di wilayah Malang.

“Mudah-mudahan ini menjadi alat menambah kapasitas para pedagang. Sehingga bisa meningkatkan pendapatannya juga di waktu mendatang,” terangnya.

Sepanjang tahun 2020 BRI Kanwil Malang telah memberikan 18 CSR khusus di Kota Malang yang disalurkan dalam beragam bentuk dengan nilai mencapai Rp 7 miliar. Di awal tahun 2021 CSR juga bisa dilaksanakan berkat partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak khsususnya pemerintah daerah.

Penyerahan CSR BRI Kanwil Malang secara simbolis juga dihadiri oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji didampingi Sekretaris Daerah Wasto serta Ketua Tim Penggerak PKK Widayati Sutiaji. Menurutnya, tiga CSR yang diberikan BRI telah membantu mendorong masing-masing indikator Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM).

“Terima kasih kepada BRI Kanwil Malang karena turut berkontribusi terhadap peningkatan IPM Kota Malang. Di sini ada tiga indikator IPM masuk semua, pendidikan dengan Gapura SMAN 2 Malang, Kesehatan ada posyandu di Balai Pertemuan RW 7 dan ketiga adalah ekonomi dengan 25 gerobak,” terang Sutiaji.

Komitmen BRI Kanwil Malang dalam menguatkan ekonomi kerakyatan dengan memberikan fasilitas sarana usaha diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Malang. Sehingga perputaran ekonomi terus bergerak yang nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan IPM. (lin/ley)