Banting Setir, Dari MC ke Event Virtual Bareng Selebgram

NEW MALANG POS, MALANG – Pandemi Covid-19 yang sudah terjadi selama lima bulan tidak hanya berdampak pada pengusaha, tapi juga dunia hiburan dan entertain. Hal itu diakui

MC kondang Malang, Oneng Sugiarta. Jika sebelumnya dalam satu hari bisa menghandle beberapa acara, selama pandemi nyaris tidak ada.

“Awal Maret, kami sudah mulai khawatir, karena sebagai penyedia jasa seperti kami ada plus minusnya. Meskipun kita sudah antisipasi, Februari lalu, banyak event, awal Maret masih running well hingga pertengahan Maret ada klien menunda jadwal,” ujar MC dan Founder Oneng Sugiarta Entertainment ini dalam webinar New Malang Pos, Berani Banting Setir di Masa Pademi, Rabu (26/8) kemarin.

Selain Oneng, ada juga  Richdjoe ketua HIPMI Kota Malang, owner Wijaya Fun Holiday Hendri Wijaya, dan owner Wijaya Fun Holiday Hendri Wijaya. Dengan opening speech Plt Sekretaris Disporapar Kota Malang Eko Syah.

New malang Pos
Andina Paramitha, direktur Ngalup Coworking Space.

Ia melanjutkan, untuk bangkit di masa pandemi ini, Oneng memilih untuk terbuka dengan perkembangan teknologi. Dengan membuat virtual event yang digaungkan secara terus menerus di sosial media. Tujuannya untuk mengenalkan sekaligus mengedukasi klien.

“Ada satu klien yang meminta kami membuatkan jingle, kami punya storage lagu, tinggal diganti liriknya. Kami meminta teman-teman selebgram dan youtuber. Kemudian kami menggandeng Aviwkila, kami jual di semua platform digital. Lumayan mengangkat untuk menghidupi semua yang terlibat dalam projek ini,” urainya.

Dari situlah, ia semakin termotivasi membuat karya di masa pandemi. Karya berikutnya pun dalam bentuk 18 KM. Kompilasi beberapa musisi dan melibatkan banyak pihak. Intinya selama Covid-19 jangan mengharapkan pemerintah, melainkan masing-masing individu harus gerak untuk mengurangi beban pemerintah. “Namun pemerintah juga harus mendukung masyarakat dengan memberi kemudahan proses perizinan dan mensupport pelaku industri kreatif,” tandasnya.  (lin/aim)