Bisnis Jalan, Tetap Jaga Kondisi

6
BISNIS: Pemain Arema FC Dendi Santoso selain tetap menjalani latihan, juga menjalankan usahanya Captain Barbershop X DIST41CT.

MALANG – Libur latihan selama tiga pekan ke depan tidak membuat pemain Arema FC melepaskan profesionalismenya.

Pemain andalan Arema FC Dendi Santoso tetap mengerjakan tugas rumah yang diberikan pelatih kepada para pemain, yaitu menjaga kondisi fisik. Di sisi lain, pemilik nomor punggung 41 itu juga tetap menjalankan bisnisnya.

Dendi dan seluruh pemain Arema FC diminta tim pelatih untuk mempertahankan kondisi fisik yang mereka dapatkan dari hasil latihan selama ini. Penjagaan kondisi fisik ini penting supaya pemain siap menjalani latihan perdana di bawah asuhan pelatih baru selepas lebaran nanti. Sekalipun demikian, pelatih tidak begitu ketat untuk urusan cara menjaga kondisi.

Begitu pula dengan Dendi yang punya caranya sendiri untuk menjaga kondisi selama liburan. Dia masih aktif mengolah tubuhnya, sekalipun tidak ada latihan rutin.
“Aktivitas saya cuman latihan ringan saja. Biasanya jogging di sekitar rumah. Atau juga biasanya bersepeda,” tutur dia.

Sementara ini Dendi bakal meneruskan cara menjaga kondisi fisiknya secara individu. Pasalnya, dia belum kepikiran untuk latihan bareng atau main sepak bola bareng bersama pemain Arema FC lain yang berdomisili di Malang. “Sementara ini tidak ada rencana,” katanya.

Walaupun pemain Arema FC lain terkenal aktif mengikuti latihan dan bermain bersama tim-tim kampung sebelum Piala Menpora 2021 bergulir. Sebut saja Dedik Setiawan, Johan Alfarizi, Jayus Hariono dan Didik Ariyanto yang biasa bermain di Dokjreng FC.

Sembari tetap menjaga profesionalitas sebagai pemain sepak bola, Dendi punya waktu tambahan mengurus bisnisnya. Pemain berusia 30 tahun itu punya bisnis yang dijalaninya berbarengan. “Alhamdulillah sampai sekarang masih tetap jalan,” katanya.

Dendi setidaknya saat ini memiliki dua macam bisnis yang sedang dikembangkan. Bisnis pertama adalah pembukaan distro baju, DIST41CT yang dimulainya sejak 2017 lalu. Sebelumnya, bisnis ini sudah dilakukannya dua tahun lebih lama, namun secara online.

Sekitar dua bulan lalu, Dendi melebarkan sayap bisnisnya dengan merambah bidang jasa. Di tempat yang sama dengan distronya, dia membuka barbershop. Nama usahanya Captain Barbershop X DIST41CT. Bisnisnya kali ini bekerjasama dengan rekannya yang seorang barber, Hermansyah. (abr/jon)